Minggu, 25 Februari 2024

Breaking News

  • Pemerintah Harus Waspada dengan Pandemic Treaty   ●   
  • DPRD Kota Pekanbaru Himbau Suplai Kebutuhan Sembako dari Daerah Tetangga hingga Pulau Jawa   ●   
  • Minta Pemerintah Waspadai Perjanjian Pandemic Treaty WHO , Dharma: Ancaman Kedaulatan Negara   ●   
  • Tradisi Malam Nisfu Syaban, Kampung Tanjung Tungga Gelar Yasinan 3 Kali dan Doa Bersama   ●   
  • Pakar Sebut Hak Angket Langkah yang Sangat Tepat, Urgent, Strategis, dan Konstitusional   ●   
ADVETORAL PEMKAB KUANSING
Pemkab Kuansing Melalui Dinas Pertanian Fasilitasi Peremajaan Kebun Sawit Rakyat Ribuan Hektar
Minggu 27 Mei 2018, 08:23 WIB
ist

Kuansing, berazamcom - Dalam upaya percepatan Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) 2018, Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian RI menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional PSR 2018 pada tanggal 22-23 Mei 2018 di Bogor. Kegiatan yang dibuka oleh Dirjen Perkebunan ini diikuti oleh seluruh Direktur lingkup Dirjenbun, serta para Kepala Dinas yang membidangi Perkebunan seluruh provinsi dan kabupaten/kota yang akan melaksanakan program peremajaan kelapa sawit rakyat.

Hadir mewakili Kabupaten Kuantan Singingi Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kuantan Singingi Syoffinal, SP., M.Si.


Berdasarkan hasil Rakernas tersebut, dijelaskan bahwa pada tahun 2018 ini secara nasional akan dilakukan peremajaan seluas 185.000 ha pada 20 provinsi dan 67 kabupaten seluruh Indonesia. Untuk Provinsi Riau ditargetkan sekitar 25.000 ha termasuk di Kabupaten Kuantan Singingi ditargetkan seluas 4.968 ha. Sedangkan sisanya seluas 3.832 ha dipersiapkan untuk target peremajaan tahun 2019 dan 2020.

Dijelaskan oleh Syoffinal, SP., M.Si. bahwa pemerintah pusat melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) akan menyalurkan bantuan dana berupa hibah untuk petani yang akan melakukan peremajaan kelapa sawit yang telah berusia diatas 25 tahun atau terhadap kebun petani yang produktivitasnya diperkirakan dibawah 10 ton/ha/tahun. Jumlah bantuan dana hibah sebanyak 25 juta per ha dan diberikan maksimal untuk 4 ha per KK. Dana ini dapat diberikan kepada pekebun dengan terlebih dahulu memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, baik persyaratan administrasi maupun persyaratan teknis. Dana hibah ini sangat membantu dan harus dimanfaatkan oleh pekebun karena untuk Provinsi Riau (kategori wilayah III berdasarkan hasil perhitungan dari Dirjenbun), budget per ha untuk pembangunan kebun kelapa sawit dari tahun P0 sampai P3 atau mulai dari TBM sampai TM (umur 4 tahun) berjumlah Rp. 66.437.000,- (budget maksimal). Berarti sisanya sekitar Rp. 41.437.000,- diharapkan berasal dari swadaya pekebun atau dibantu dengan dukungan fasilitas kredit dari perbankan. Kalau tidak dimanfaatkan program dan bantuan dana hibah ini, maka konsekuensinya seluruh dana untuk peremajaan akan ditanggung sepenuhnya oleh pekebun.


Untuk Kabupaten Kuantan Singingi, rencana peremajaan kebun kelapa sawit rakyat adalah seluas 8.800 ha berlokasi di kecamatan Singingi dan Singingi Hilir dengan umur tanaman antara 26 sampai 28 tahun seluas 7.968 ha dan umur 23 tahun seluas 832 ha. Menurut Syoffinal, SP., M.Si. selaku Kabid Perkebunan, untuk merealisasikan peremajaan ini, Bidang Perkebunan pada Dinas Pertanian siap memfasilitasi upaya percepatan dan telah melakukan beberapa tahapan kegiatan diantaranya : sosialisasi kepada beberapa pengurus KUD dan para anggota pada forum Rapat Anggota Tahunan (RAT), rapat koordinasi dengan para pengurus Forum KUD, koordinasi dengan perusahaan calon mitra, koordinasi dan konsultasi dengan Dinas TPHBun Provinsi Riau, persiapan administrasi dan persiapan regulasi pendukung dari pemerintah. Tahapan berikutnya setelah mengikuti Rakernas tersebut adalah melaporkan hasil Rakernas kepada pimpinan. Selanjutnya melakukan koordinasi internal dengan dinas/instansi terkait, untuk persamaan persepsi terhadap kewenangan dan peran masing-masing dinas/instansi yang berperan dalam percepatan peremajaan ini. Setelah itu barulah dilakukan koordinasi antara pemerintah dengan seluruh pengurus KUD dan stake holder guna membahas teknis pelaksanaan dan rencana aksi untuk persiapan administrasi dan persiapan teknis.* ADV/Kominfo)




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top