Minggu, 25 Februari 2024

Breaking News

  • Pemerintah Harus Waspada dengan Pandemic Treaty   ●   
  • DPRD Kota Pekanbaru Himbau Suplai Kebutuhan Sembako dari Daerah Tetangga hingga Pulau Jawa   ●   
  • Minta Pemerintah Waspadai Perjanjian Pandemic Treaty WHO , Dharma: Ancaman Kedaulatan Negara   ●   
  • Tradisi Malam Nisfu Syaban, Kampung Tanjung Tungga Gelar Yasinan 3 Kali dan Doa Bersama   ●   
  • Pakar Sebut Hak Angket Langkah yang Sangat Tepat, Urgent, Strategis, dan Konstitusional   ●   
Bupati Lantik Sekda Defenitif
Dianto Mampanini : Seratus Hari Kerja Pembenahan sistem kinerja segala OPD
Rabu 18 April 2018, 08:36 WIB
istimewa

Kuansing, berazamcom - Perjalan panjang pencarian Sekda Kuansing  Defenitif setelah di tinggal H.Muharman berakhir sudah di tangan Dianto Mampanini, karena Dianto Mampanini resmi di Lantik menjadi Sekda Kuansing Selasa, ( 17/4/2018 ) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kuansing.

"Sederetan aturan administrasi yang mengganjal, sehingga hampir masuk  tahun kedua kepemimpinan Mursini Halim, Sekda defenitif setelah di tinggal H.Muharman baru terwujud".

H. Muharman merupakan sekda dari masa  Mantan Bupati H.Sukarmis membuat surat pengunduran diri dari jabatan Sekda, karena sudah memasuki usia pensiun, demikian alasan yang di sampaikan H.Muharman ketika itu. Namun sebelum Muharman mengajukan  surat pengunduran diri bupati terlebih dahulu sudah menandatangani SK Plt. Sekda H.Muharlius.



Muharlius terus melanjutkan tanggung jawabnya kepada rakyat dalam penyusunan dan pengesahan APBD bersama DPRD Kuansing.

Karena Plt. Sekda merupakan pengguna anggaran agar pemerintah tetap berjalan, sementara proses perekrutan Sekda defenitif terus berlanjut dengan adanya program assesmen Sekda.

" Tim Asesment merekomendasikan tiga nama yang lolos dari prosesi ujian kelayakan untuk menempati Jabatan Sekda, namun semua itu kembali kepada Hak Priogratif seorang Bupati guna mendampingi dan membantu kerja pemerintah".



Sehingga dengan perjalan panjang dan berliku tidak sedikit harapan, hujatan, dan bahkan ujaran kebencian tersirat yang di dengungkan oknum yang mengatasnamakan masyarakat  di media - media sosial, atas lamanya sebuah proses Pelantikan Sekda.

Menanggapi pelantikan Sekda Kuansing Dianto  Mampanini

Praktisi Hukum Elva Susanto, SH.MH, guna menentukan Siapa yang akan menjabat Kursi Sekda tentu tidak lah mudah bagi seorang bupati, karena banyak hal yang harus dipelajari dari diri Calon seorang Sekda, memang apa yang terjadi di Pemerintahan Mursini Halim agak terlambat setelah assesment dilakukan, namun Mursini tidak melanggar aturan tentang proses  penentuan Sekda depenitif setelah ditinggal H.Muharman, ujar putra Kuansing yang berdomisili di Pekanbaru tersebut.



Lebih lanjut,  jabatan Plt. Sekda  H.Muharlius sesuai dengan masa SK yang di tandatangani Bupati, kemungkinan masih belum clearnya proses administrasi maka Jabatan Sekda di serahkan kepada Agusmandar sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekda.

Sementara Bupati Kuansing dalam pidatonya, Bupati Mursini mengucapkan selamat kepada Dr. H. Dianto Mampinini, SE. MT yang baru saja dilantik sebagai Sekretaris Daerah defenitif Kabupaten Kuantan Singingi.

"Saya berharap kepada seluruh Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas serta seluruh jajaran staf di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuansing agar bisa meningkatkan motivasi  dan kinerja pegawai dalam mewujudkan visi Kabupaten Kuantan Singingi  sebagaimana yang tercantum dalam RPJMD tahun 2016-2021."

Pengambilan Sumpah Dan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pertama Sekretaris Daerah Kabupaten Kuantan Singingi ini adalah merupakan rangkaian proses yang panjang yang mengacu kepada Peraturan Perundang-undangan yang berlaku yaitu UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan PP 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Jabatan Sekda merupakan posisi yang sangat strategis dalam manajemen pemerintahan daerah untuk mendukung kelancaran proses penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, penempatan personil yang menduduki jabatan Sekda membutuhkan pertimbangan yang sangat matang dan meliputi berbagai aspek.

Adapun yang menjadi dasar Pelantikan Sekretaris Daerah adalah Surat Persetujuan Gubernur Riau Nomor : 800/BKD-02/3.2/IV/2018/905 tanggal 17 April 2018. Dan ditindak lanjuti dengan Keputusan Bupati Kuantan Singingi Nomor : 821.22/BKPP-02/148 tanggal 17 April 2018 tentang Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Kuantan Singingi.

Dikesempatan yang sama setelah pelantikan dan pengambilan sumpah,  Sekda defenitif Kuansing Dr. Dianto Dampingi, SE.MT menyampaikan 100 hari program kerja ke depan, yaitu melakukan pembenahan sistem kinerja segala OPD serta  meningkatkan disiplin kerja ASN sehingga mampu mewujudkan visi dan misi Pemerintahan Kabupaten Kuansing.



"Saya berharap kepada rekan-rekan media sebagai mitra pemerintah, media harus memiliki independensi, media harus mampu berkata jujur demi memberitakan kebenaran kepada masyarakat, media harus dapat berkata benar atau salah kepada pemerintah dengan tetap berada di tengah antara masyarakat dan pemerintah, karena media merupakan sarana nomor satu yang dipakai masyarakat dalam menggali informasi. Sehingga objektivitas harus selalu ditonjolkan agar masyarakat tetap mendapat informasi yang baik.", jelas Mampanini dihadapan puluhan rekan media Selasa Sore.

Hadir Sekda Provinsi Riau H. Ahmad Hijazi, SE, M.Si didampingi Kadispora Riau H. Doni Aprialdi, SH. Juga hadir Wakil Bupati H.Halim, Wakil Ketua DPRD Sardiyono, Amd dan sejumlah anggota dewan, Forkompinda Plt. Kajari Roy Rovalino, SH.MH serta seluruh Asisten, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Kuansing. *

[]bazm - 8



Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top