Minggu, 25 Februari 2024

Breaking News

  • Pemerintah Harus Waspada dengan Pandemic Treaty   ●   
  • DPRD Kota Pekanbaru Himbau Suplai Kebutuhan Sembako dari Daerah Tetangga hingga Pulau Jawa   ●   
  • Minta Pemerintah Waspadai Perjanjian Pandemic Treaty WHO , Dharma: Ancaman Kedaulatan Negara   ●   
  • Tradisi Malam Nisfu Syaban, Kampung Tanjung Tungga Gelar Yasinan 3 Kali dan Doa Bersama   ●   
  • Pakar Sebut Hak Angket Langkah yang Sangat Tepat, Urgent, Strategis, dan Konstitusional   ●   
Miliki Pelayanan Prima
DPM-PTSP Pekanbaru Jadi Percontohan Seluruh Indonesia
Rabu 21 Februari 2018, 18:00 WIB
Foto: Istimewa

Pekanbaru, berazamcom - Jika sebelumnya Dirjen Bina Administrasi Kewilayaan, Kemendagri RI, Eko Subowo berkunjung ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Pekanbaru dan memuji pelayanan serta ketersediaan sarana penunjangnya, kini giliran  peserta Rakornas DPM-PTSP seluruh Indonesia tertarik belajar ke kantor ini. 

Eko berkunjung usai membuka Rakornas seluruh Indonesia dan bertolak menuju dua kantor yakni DPM-PTSP Kota Pekanbaru serta DPM-PTSP Provinsi. Dalam kunjungannya, Eko menilai pelayanan dan juga ketersediaan sarana penunjang di dua DPM-PTSP  sudah memadai dan memang layak untuk menjadi percontohan.

"DPM -PTSP yang ada di Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru, termasuk yang paling prima di Indonesia dari sekian banyak DPM-PTSP yang ada," ungkap Eko, disela-sela kunjungannya.

Diakhir kunjungan Dirjen Kemendagri ini berharap kepada pihak DPM-PTSP untuk memperbanyak unit perwakilan OPD lain, agar masyarakat benar-benar dilayani satu pintu.

Artinya untuk pengurusan berbagai rekomendasi perizinan dari OPD lain, cukup di kantor DPM-PTSP tanpa harus mendatangi kantor OPD yang rekomendasinya dibutuhkan.

"Jadi  masyarakat yang mengurus  izin cukup melalui satu pintu saja, menyerahkan disini menerima juga disini," kata Eko.

Sehari setelah kunjungan Dirjen dari Kemendagri, rombongan peserta Rakornas yang didampingi Kasubid Bina Administrasi Kewilayaan, Kemendagri RI, Yudia Ramli, melalukan best practice degan berkeliling melihat sarana pelayanan serta mempelajari proses administrasi yang dijalankan di DPM-PTSP Kota Pekanbaru.

Yudia menyebut, Rakornas yang diadakan di Riau ini dalam rangka sosialisasi peraturan baru yang diterbitkan terkait DPM-PTSP yaitu Permendagri no 138 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan PTSP Daerah.



"Dalam Rakor ini kita pertemukan antara pemerintah daerah sebanyak 548 seluruh provinsi dan kabupaten kota, tetapi yang sudah terbentuk 544 DPM-PSTP. Pekanbaru satu dinas yang sudah sesuai denga PP no 18 Tahun 2016, serta Permendagri 138 Tahun 2017 tadi," terang Yudia.
 
Lebih jauh Yudia memaparkan, saat ini Kemendagri juga membuat klaster dengan  DPM-PTSP. Klaster terendah Pratama, Madya serta Prima. Yudia menyebut Pekanbaru sudah dalam klaster Prima dan sudah banyak menerima penghargaan.

"Ini adalah kelajutan dari Rakornas kemarin, kita melakukan kunjunga pada kedua PTSP yang prima yakni Provinsi dan Pekanbaru. Dan teman- teman yang datang dari seluruh Indonesia ini betul- betul dapat banyak pelajaran," ujar Yudia lagi.

Sementara itu, meski sudah mencapai klaster prima dan mendapat banyak penghargaan, Kepala DPM-PTSP Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil mengaku belum puas.

"Kita belum merasa puas dengan apa yang sudah kita capai. Yang pasti, kedepannya kita akan lebih meningkatkan pelayanan. Pasalnya, masyarakat ataupun dunia usaha, berhak mendapatkan pelayanan yang baik," ujar Jamil singkat.*Adv/DPM-PTSP



Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top