Minggu, 25 Februari 2024

Breaking News

  • Pemerintah Harus Waspada dengan Pandemic Treaty   ●   
  • DPRD Kota Pekanbaru Himbau Suplai Kebutuhan Sembako dari Daerah Tetangga hingga Pulau Jawa   ●   
  • Minta Pemerintah Waspadai Perjanjian Pandemic Treaty WHO , Dharma: Ancaman Kedaulatan Negara   ●   
  • Tradisi Malam Nisfu Syaban, Kampung Tanjung Tungga Gelar Yasinan 3 Kali dan Doa Bersama   ●   
  • Pakar Sebut Hak Angket Langkah yang Sangat Tepat, Urgent, Strategis, dan Konstitusional   ●   
Pemkab Meranti Pelajari Sektor Pajak dan Retribusi Sagu
Jumat 20 Oktober 2017, 17:11 WIB
Bupati Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti Drs Irwan MSi saat melihat industri sagu di Desa Tanjung Dahrul.
SELATPANJANG - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti mulai mempelajari sektor pajak dan retribusi dari sagu. Dalam hal ini, Kota Sagu menggandeng Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

Sebagaimana disampaikan Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kepulauan Meranti Bambang Supriyanto, Senin (17/4/2017).

Kata Bambang, dalam menentu potensi sektor pajak dan retribusinya, celah-celah mana saja yang bisa dipungut dari Sagu, mereka menggandeng UGM. Tim dari UGM ini, kata Bambang, akan tiba di Kepulauan Meranti pada awal Mei 2017. "Ada tim dari UGM yang akan turun mempelajarinya," kata Bambang.

Nantinya, tambah Bambang, berdasarkan analisis dari Tim UGM ini dan disesuaikan dengan peraturan perundang-undangann mana saja yang bisa ditarik pajak dan retribusi, baru bisa dibuat payung hukumnya. "Potensinya besar, kita siapkan aturannya dulu. Kami sudah berkomunikasi dengan Kemenkeu, hasil resmi dari UGM itu dijadikan info dasar untuk penarikan pajak dan retribusi sesuai kearifan lokal," ujar Bambang.

Sementara untuk target penyelesaian naskah akademis perda tentang pajak dan retribusi sagu, tahun ini diperkirakan akan tuntas. Kalau sudah diperkenankan akan langsung dijadikan Perda.

"Tidak sagu aja, bisa jadi industri setara dengan sagu, seperti kopi dan karet," kata Bambang.

Sebelumnya, Bupati Drs H Irwan MSi mengatakan Kepulauan Meranti akan mulai menggarap pajak dan retribusi dari sektor sagu dan walet. Karena, sebagai penghasil minyak, tidak lagi bisa berharap ketika harga Migas menurun.(adv)



Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top