Minggu, 23 Juni 2024

Breaking News

  • Pertama di Riau, FK Universitas Abdurrab dan KREKI Riau Gelar Seminar dan Workshop Penanganan Kegawatdaruratan   ●   
  • Dinamika Persaingan Calon Gubernur Riau: Antara Spekulasi dan Persaingan Kekuatan Politik   ●   
  • Cegah Jadi Korban Hoaks, KPI Daerah Riau Gelar Literasi Media bagi 100 Mahasiswa di Pekanbaru   ●   
  • Aceh Butuh Kembalikan Kewenangan di Bidang Minerba dan Kemudahan Izin WPR Bukan PP Minerba   ●   
  • Kontroversi Kehadiran Bakal Calon Gubernur Riau di LAMR, Fauzi Kadir: Datang Belum Tentu Dipilih!   ●   
Antisipasi PMK dan LSD, Distankan Periksa Lima Ribu Hewan Kurban di Pekanbaru
Selasa 11 Juni 2024, 10:35 WIB
Kepala Distankan Kota Pekanbaru M Firdaus melakukan pemeriksaan hewan kurban

Pekanbaru, berazamcom - Jelang Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M, Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru intensifkan pemeriksaan hewan kurban. Pemeriksaan dilakukan terhadap kesehatan dan fisik hewan kurban.

Tim dari Distankan Pekanbaru melakukan pemeriksaan ke peternakan dan penampungan atau penjual hewan kurban. Total sudah lebih dari lima ribu ekor hewan kurban yang terdiri dari sapi dan kambing yang dilakukan pemeriksaan.

"Yang masuk kota sudah sekitar 4.500 hewan kurban kita periksa. Ditambah peternak dari Kota Pekanbaru sekitar 1.000, jadi ada sekitar lima ribu lebih hewan kurban yang telah kita periksa," kata Kepala Distankan Kota Pekanbaru M Firdaus, Senin (10/6/2024).

Salah satu penyakit yang diantisipasi adalah penyakit lumpy skin disease (LSD) atau cacar sapi dan penyakit mulut dan kuku (PMK). Tim sudah memeriksa hewan kurban ini ke sejumlah tempat peternakan yang ada di Pekanbaru.

Firdaus menyebut, hewan yang akan dijadikan untuk berkurban harus dipastikan telah memenuhi syarat. Baik dari segi umur, kesehatan dan fisik lainnya.

"Dari pemantauan di lapangan semua kondisi hewan dalam kondisi sehat, bebas dari penyakit mulut dan kuku, maupun penyakit LSD," terang Firdaus.

Ia menuturkan, pemantauan di lapangan masih terus dilakukan timnya. Pasalnya, hewan kurban yang masuk ke Kota Pekanbaru masuk secara bertahap.

Sementara, kebutuhan hewan kurban di Kota Pekanbaru pada tahun 2024 ini sekitar 9 ribu ekor. Hewan kurban yang masuk Kota Pekanbaru banyak berasal dari luar daerah seperti Sumbar, Sumut, Lampung, dan bahkan dari luar Sumatera. (*)




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top