Kamis, 23 Mei 2024

Breaking News

  • PJS Tolak RUU Penyiaran Baru, Potensi Mengintai Kemerdekaan Pers   ●   
  • Resmi Menjabat Pj Walikota Pekanbaru, Berikut Profil Risnandar Mahiwa   ●   
  • Risnandar Mahiwa Resmi Dilantik Sebagai Pj Walikota Pekanbaru   ●   
  • Irjen Pol Yan Fitri Membuka Secara Resmi Turnamen Sepakbola Piala Kapolda Kepri   ●   
  • Disdik Pekanbaru Terapkan PPBD Online Masuk SD Negeri Mulai Tahun Ini   ●   
CATATAN DEMOKRASI
Masa Depan Indonesia Pasca Jokowi, Teka-teki yang Menantang
Selasa 14 Mei 2024, 09:57 WIB
Yanto Budiman Situmeang

Dekat mendekati akhir masa jabatannya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi, seorang pemimpin populer di Indonesia, mulai diterpa badai kritik dan cibiran atas kebijakan-kebijakan kontroversialnya. Meskipun diakui berhasil dalam membangun infrastruktur dan memperkuat perekonomian, namun keputusan-keputusannya yang dinilai tidak netral dan kebijakan yang merugikan bagi sebagian rakyat Indonesia, telah meninggalkan bayangan keraguan terhadap jejak kepemimpinannya.

Jokowi meninggalkan sejumlah kontroversi yang meresahkan, mulai dari janji-janji manis tak terwujud seperti proyek mobil Esemka, hingga kebijakan revisi UU KPK yang memicu kontroversi dan kekhawatiran akan pengaruh politisasi terhadap lembaga anti korupsi yang vital. Sementara sejumlah tindakan yang dinilai tidak netral dan kerap disebut pro-penguasa, mengundang keraguan atas integritas kepemimpinannya.

Bagaimanapun, masa depan Indonesia selepas era Jokowi sekarang menjadi perbincangan hangat. Teka-teki menjelang pergantian kepemimpinan, apakah kebijakan-kebijakan kontroversial Jokowi akan diteruskan atau diubah oleh pemerintah berikutnya, menjadi sorotan yang menarik banyak pihak. Hanya dengan waktu lah kita akan melihat bagaimana dampak dan warisan kepemimpinan Jokowi akan membentuk sejarah dan arah bangsa ini ke depan.

 


Penulis: Yanto Budiman Situmeang, wartawan senior di Riau, Wakil Pimpinan Umum berazamcom dan Ketua Pro Jurnalismedia Siber (PJS) Riau.




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top