Kamis, 23 Mei 2024

Breaking News

  • PJS Tolak RUU Penyiaran Baru, Potensi Mengintai Kemerdekaan Pers   ●   
  • Resmi Menjabat Pj Walikota Pekanbaru, Berikut Profil Risnandar Mahiwa   ●   
  • Risnandar Mahiwa Resmi Dilantik Sebagai Pj Walikota Pekanbaru   ●   
  • Irjen Pol Yan Fitri Membuka Secara Resmi Turnamen Sepakbola Piala Kapolda Kepri   ●   
  • Disdik Pekanbaru Terapkan PPBD Online Masuk SD Negeri Mulai Tahun Ini   ●   
BRK Syariah Buka Peluang Besar untuk Petani dan Pekebun di Riau: Program Peremajaan Sawit Rakyat Mendukung Produktivitas
Senin 13 Mei 2024, 14:01 WIB

Batam, berazamcom - Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) kini menjadi harapan bagi petani dan lembaga pekebun di wilayah Riau untuk meningkatkan produktivitas perkebunan kelapa sawit. Bank Riau Kepri Syariah (BRK Syariah) telah membuka peluang besar dengan penyaluran dana peremajaan kelapa sawit kepada para petani.

Direktur Dana dan Jasa BRK Syariah, MA Suharto, dalam acara sosialisasi penyaluran dan peremajaan perkebunan kelapa sawit di Batam, mengungkapkan bahwa pada tahun 2023 BRK Syariah telah menyalurkan dana Peremajaan Perkebunan Kelapa Sawit (PPKS) kepada 1074 pekebun/petani dengan total dana mencapai Rp70,3 Miliar. Hingga bulan April 2024, BRK Syariah telah menyalurkan Dana PPKS kepada 353 pekebun/petani dengan total dana sebesar Rp23,6 Miliar.

Suharto menegaskan kolaborasi BRK Syariah dengan Dinas Perkebunan Provinsi Riau dan Dinas Perkebunan Kabupaten/Kota menjadi kunci keberhasilan program PSR di daerah tersebut. Selain itu, BRK Syariah juga menyediakan produk pembiayaan dana lanjutan seperti pembiayaan agribisnis replanting sawit dengan total hingga Maret 2024 mencapai Rp260 Miliar yang diberikan kepada 4.098 nasabah.


"Kami optimistis bahwa sektor perkebunan dapat menjadi penopang utama peningkatan kesejahteraan warga dan kemajuan desa di Provinsi Riau. BRK Syariah siap mendukung petani dalam melalui program penyaluran pembiayaan untuk peremajaan kelapa sawit," ujar Suharto.

Namun, tantangan dalam peremajaan sawit tidaklah sedikit. Ada beberapa kendala yang dihadapi, seperti persyaratan pengusulan PSR yang sulit dipenuhi dan kurangnya edukasi dari pihak Dinas Perkebunan kepada lembaga pekebun terkait program ini. Untuk itu, kolaborasi antara BPDP-KS, Dinas perkebunan, dan BRK Syariah diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani serta menjaga keberlanjutan kelapa sawit di Riau.

Kepala Bidang Produksi Perkebunan Provinsi Riau, Vera Virgianti, menekankan pentingnya sinergi semua pihak dalam menjalankan program PSR dan perbaikan tata kelola sawit. Ia menyoroti kesempatan yang besar bagi petani dan pekebun Riau dalam mengembangkan sektor perkebunan ini.

Dengan semangat kolaborasi dan keseriusan dalam menjalankan program PSR, diharapkan sawit Riau yang berkelanjutan akan terwujud melalui sinergi multipihak, peningkatan produksi, nilai tambah, dan daya saing kelapa sawit. Mari kita bersama-sama berbuat yang terbaik untuk kesejahteraan masyarakat dan kemajuan sektor perkebunan di Provinsi Riau.

Di tengah semangat bersatu, BRK Syariah terus mendukung petani dan pekebun Riau melalui program Peremajaan Sawit Rakyat. Semoga kolaborasi ini membawa manfaat yang besar bagi semua pihak yang terlibat. (*)

Editor: Yanto Budiman




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top