Kamis, 23 Mei 2024

Breaking News

  • PJS Tolak RUU Penyiaran Baru, Potensi Mengintai Kemerdekaan Pers   ●   
  • Resmi Menjabat Pj Walikota Pekanbaru, Berikut Profil Risnandar Mahiwa   ●   
  • Risnandar Mahiwa Resmi Dilantik Sebagai Pj Walikota Pekanbaru   ●   
  • Irjen Pol Yan Fitri Membuka Secara Resmi Turnamen Sepakbola Piala Kapolda Kepri   ●   
  • Disdik Pekanbaru Terapkan PPBD Online Masuk SD Negeri Mulai Tahun Ini   ●   
Malam Ini, Indonesia vs Uzbekistan: Ayo Garuda Terbanglah Lebih Tinggi!
Senin 29 April 2024, 10:22 WIB
Timnas U23

Jakarta, berazamcom - Indonesia akan menghadapi Uzbekistan di Piala Asia U-23 2024. Serigala Putih memiliki rekor mentereng di ajang ini, namun Garuda Muda juga punya modal untuk melaju ke final.

Duel semifinal Indonesia vs Uzbekistan akan digelar Senin (29/4) di Stadion Abdullah bin Khalifa pukul 21.00 WIB. Uzbekistan menatap laga ini dengan modal bagus. Mereka belum kalah sama sekali selama turnamen, bahkan belum kebobolan.

Pada fase grup, tim asuhan Timur Kapadze menumbangkan Malaysia 2-0, melibas Kuwait 5-0, serta menghajar Vietnam 3-0 untuk mejadi juara grup. Di perempat final, mereka sukses membungkam Arab Saudi 2-0.

Total 12 gol tercipta lewat 10 pemain berbeda. Hal ini menunjukkan siapapun bisa menjadi pembeda bagi Uzbekistan saat membangun serangan. Tak cuma itu, sejarah juga berpihak pada mereka.

Sejak pertama kali digelar pada 2013, Uzbekistan tak pernah absen di turnamen dua tahunan ini. Bahkan pada empat edisi terakhir, Uzbekistan selalu menembus semifinal. Capaian terbaik yakni saat menjadi juara pada 2018 diikuti sebagai runner-up pada 2022.

Uzbekistan kini menyisakan satu laga lagi untuk bisa mencapai final ketiganya dalam empat edisi Piala Dunia U-23. Ada Indonesia sang kuda hitam yang menghadang Uzbekistan.

Indonesia, yang di Piala Asia U-23 2024 berstatus sebagai debutan, kini menjelma sebagai kuda hitam sejati di turnamen.

Timnas Indonesia U-23 mengawali Piala Asia U-23 2024 dengan kekalahan melawan tuan rumah Qatar. Tapi setelah itu mampu mengalahkan Australia dan Yordania. Di babak 8 besar, Garuda Muda mampu meladeni permainan Korea Selatan yang merupakan jawara Piala Asia U-23 2020.

Pelatih Shin Tae-yong menegaskan inilah waktunya untuk sepakbola Indonesia bisa tampil di Olimpiade. Sepakbola Indonesia sudah lama tidak tampil di Olimpiade. Terakhir kali, Indonesia ikut serta di ajang bergengsi itu pada 68 tahun silam, saat Olimpiade Melbourne 1956.

"Maaf, sesungguhnya saya tidak tahu tentang Indonesia tampil di Olimpiade Melbourne 1956. Namun, ini waktunya Indonesia untuk bisa tampil di Olimpiade," kata Shin Tae-yong.

"Saya tidak merasa tertekan. Kami menikmati momen dan sekali lagi, inilah waktunya Indonesia untuk tampil di Olimpiade," tegasnya.

STY percaya diri, Pratama Arhan dkk mampu bersaing dengan tim manapun.

"Saya sudah bersama banyak dari pemain ini selama hampir empat tahun, dan saya punya ide yang jelas tentang seperti apa mereka itu," ungkap STY dilansir Yonhap. "Saya merasa kami bisa sukses di sini selama saya bisa memotivasi mereka."

"Saya bilang kepada mereka, 'Tidak ada yang boleh mengatakan bahwa kita tidak bisa memenangi turnamen ini. Saya kira kami cukup bagus untuk mencapai final, dan kalian semua hanya harus percaya kepada saya dan mengikuti instruksi saya.'"

"Kami sudah tiba sejauh ini karena saya telah menanamkan rasa percaya diri pada para pemain ini. Saya merasa kami bisa melawan siapapun," lugas pelatih berusia 53 tahun itu.

Diketahui tiga tim teratas Piala Asia U-23 2024 berhak mendapat tiket kelolosan ke Olimpiade Paris 2024. Sedangkan peringkat keempat akan melakoni laga playoff Guinea. Saat ini sudah ada empat tim yang tersisa di laga semifinal. Ada Indonesia, Uzbekistan, Jepang, dan Irak.

Uzbekistan bukan lawan yang mudah untuk Indonesia. Beberapa pemain besutan Timur Kapadze sudah kenyang tampil di level senior. Ada Abduvokhid Nematov, kiper utama yang sudah mencatatkan penampilan bersama timnas senior sejak September 2020.

Kemudian ada Abdukodir Khusanov, yang baru berusia 20 tahun tapi sudah menjadi andalan timnas senior. DIa mencatatkan 20 pertandingan sejak debut pada Juni 2023. Bek tengah itu juga bermain untuk klub Ligue 1 Prancis, Lens, sebanyak 13 kali.

Ada juga Khozhimat Erkinov yang harus diwaspadai Garuda Muda. Erkinov sudah punya 27 caps bersama timnas senior sejak September 2020.

Selain itu, ada Abbosbek Fayzullaev yang merupakan pemain milik klub top di Rusia, CSKA Moskow. Di musim ini, ia sudah tampil 26 kali untuk CSKA di semua ajang. Pemain yang bisa berposisi di sayap kiri dan kanan ini sudah mencatatkan 15 caps bersama timnas senior. Ada empat gol yang dicetak sejak debut Juni 2023.

Di sisi lain, performa Indonesia saat mengalahkan Korsel rupanya tak luput dari perhatian Pelatih Timnas Uzbekistan Timur Kapadze. Dari laga itu, Uzbekistan amat mewaspadai Garuda Muda.(*)


 

 

Sumber: detik.com




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top