Kamis, 25 April 2024

Breaking News

  • Uang Beredar di Indonesia Mencapai Rp 8.888,4 Triliun per Maret 2024, Ini Kata Orang BI   ●   
  • Andi Rahman Desak Pemerintah Segera Tuntaskan Pembayaran Lahan Tol Pekanbaru -Padang   ●   
  • Brigjend TNI Edy Natar Nasution Mendaftar sebagai Balon Gubri di Kantor PDIP Riau   ●   
  • MTQ Ke-42 Tingkat Provinsi Riau, Kota Pekanbaru Raih Juara Pertama Cabang Fahmil Qur’an Putri   ●   
  • Serius Maju dalam Pilgubri 2024: Edy Natar Nasution Sudah Ketemu Sekjen DPP NasDem & Ketua DPW Nasdem Riau   ●   
Pj Gubri Hadiri Apel Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan se-Indonesia
Senin 01 April 2024, 12:44 WIB

Pekanbaru, berazamcom - Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri), SF Hariyanto mengikuti apel siaga pengamanan pasokan dan harga pangan jelang Idulfitri 2024 se-Indonesia secara daring di sejumlah daerah dan berlangsung di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi, pada Senin (1/4/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan, Menteri Pertanian RI, Amran Sulaiman, Plt Kepala BPS RI, Amalia Adininggar Widyasanti, Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi di Komplek Gudang Bulog, DKI Jakarta.

Pada kesempatan itu, Irjen Kemendagri Tomsi Tohir menyampaikan beberapa himbauan dalam menjaga ketersediaan dan keterjangkauan harga di daerah pada bulan puasa Ramadan dan hari raya Idulfitri 1445 H. Himbauan pertama yaitu mengintensifkan  pemantauan dan sinergi pengawasan khususnya yang berkaitan dengan BBM dan LPG.

"Melakukan pengawasan bersama satgas pangan dan aparat penegak hukum dalam mitigasi ketidakwajaran kenaikan harga komoditas pangan, gangguan distribusi, dan penimbunan, khususnya yang berkaitan dengan BBM dan LPG, karena kenaikan harga ini akan menstimulan kenaikan seluruh komoditi yang lain," ujarnya.

Kemudian, lanjut Tomsi, mengintensifkan optimalisasi intervensi pasar. Baik melalui operasi pasar murah, gerakan pangan murah,  program stabilisasi pasokan dan harga pangan untuk mengurangi gejolak harga komoditas pangan terutama beras, dengan melibatkan berbagai stakeholder.

"Berikutnya memastikan ketersediaan stok dan pasokan komoditas pangan. Utamanya beras, aneka cabai, bawang, daging, telur ayam ras," jelasnya.

Selanjutnya, jelasnya, memastikan distribusi pasokan pangan. Lalu, peninjauan dan koordinasi penetapan kebijakan tarif daerah.

"Serta hal yang tidak kalah pentingnya adalah, menjelaskan kepada masyarakat terkait ketersediaan bahan pokok, serta upaya-upaya yang telah dilakukan pemerintah. Hal ini penting untuk menjaga kepercayaan masyarakat dan saya minta untuk terus dilakukan melalui tokoh-tokoh masyarakat sehingga tersosialisasi dengan baik upaya-upaya yang telah kita lakukan," tandasnya.(*)




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top