Kamis, 25 April 2024

Breaking News

  • Uang Beredar di Indonesia Mencapai Rp 8.888,4 Triliun per Maret 2024, Ini Kata Orang BI   ●   
  • Andi Rahman Desak Pemerintah Segera Tuntaskan Pembayaran Lahan Tol Pekanbaru -Padang   ●   
  • Brigjend TNI Edy Natar Nasution Mendaftar sebagai Balon Gubri di Kantor PDIP Riau   ●   
  • MTQ Ke-42 Tingkat Provinsi Riau, Kota Pekanbaru Raih Juara Pertama Cabang Fahmil Qur’an Putri   ●   
  • Serius Maju dalam Pilgubri 2024: Edy Natar Nasution Sudah Ketemu Sekjen DPP NasDem & Ketua DPW Nasdem Riau   ●   
CERI Pertanyakan Sikap Presiden Jokowi Soal Negosiasi 61 Persen Saham Freeport Alot
Kamis 28 Maret 2024, 23:22 WIB
Teks foto : Jokowi mengungkap keinginan pemerintah untuk menguasai 61 saham PT Freeport Indonesia masih panjang sebab negosiasi sangat alot. (Foto: screenshot YouTube Sekretariat Presiden, sumber: cnnindonesia.com)

Jakarta,Berazam.com : Direktur Eksekutif Center of Energy and Resources Indonesia (CERI) Yusri Usman merasa aneh dengan pernyataan Presiden Jokowi terkait keinginannya mempercepat perpanjangan IUPK PT Freeport Indonesia (FI) yang diduga telah melanggar UU Minerba nomor 3 tahun 2020 Pasal 169 B ayat 2.

"Pasal tersebut diatas jelas menyatakan bahwa PT Freeport Indonesia paling cepat 5 tahun sebelum tahun 2041 baru bisa mengajukan perpanjangan IUPK-nya, tepatnya tahun 2036, dan paling lambat tahun 2040", tegas Yusri Usman, Kamis (28/3/2024) di Jakarta.

Jadi, sambungnya keinginan mempercepat IUPK PT FI pada Juni 2024 adalah pelanggaran nyata Presiden Jokowi terhadap UU Minerba, meskipun PP nomor 96 tahun 2021 berhasil di revisi.

"Aneh pernyataan Presiden Jokowi ini, jadi siapa yang berkepetingan untuk mempercepat perpanjangan IUPK PT FI dengan melanggar UU Minerba nomor 3 tahun 2020 Pasal 169 B ayat 2", heran Yusri.

Dilansir dari laman cnnindonesia.com, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut keinginan pemerintah untuk menambah kepemilikan saham sebesar 10 persen saham PT Freeport Indonesia (PTFI) menjadi 61 persen masih cukup panjang. Pasalnya, negosiasi berjalan sangat alot.

Hal ini disampaikan Jokowi usai bertemu dengan CEO Freeport McMoran Richard Adkerson di Istana Negara, Jakarta, siang tadi (28/3).

"Masih dalam proses negosiasi dan juga persiapan regulasinya, tapi saya yakin angka (61 persen) itu bisa kita dapatkan. Ya namanya negosiasi kan udah lama ini, alot. Alot banget," katanya saat memberi sambutan pada Kongres ke-12 Hikmahbudhi di Ancol, Jakarta Utara, Kamis (28/3).

Pemerintah saat ini sudah menguasai 51 saham utama PT Freeport Indonesia, dan berencana bakal menambah lagi 10 persen.

Menurut Jokowi, untuk tahap awal yang dikejar adalah perpanjangan kontrak PTFI di Indonesia. Ditargetkan bisa selesai paling lambat Juni 2024.

"Ini regulasinya rampung dulu baru negosiasinya bisa segera difinalkan. Tapi saya melihat, tadi saya targetkan nggak ampai Juni lah, secepatnya. Kalau bisa secepatnya paling lambat Juni," jelasnya.

Hari ini Jokowi bertemu CEO Freeport McMoran Inc Richard Adkerson di Istana Kepresidenan.

Bos besar Freeport itu datang bersama para petinggi Freeport antara lain Direktur Utama PT Freeport Indonesia Tony Wenas dan Dewan Komisaris PT Freeport Indonesia sekaligus CFO Freeport McMoran Kathleen Quirk.

Tony menyebut mereka sempat membahas soal perpanjangan izin tambang PTFI, yang bakal habis pada 2041 mendatang.

"Disinggung sedikit (perpanjangan izin Freeport), tapi enggak bahas detail, kan waktunya enggak panjang, kan itu sudah dibahas sebelumnya," kata Tony.

Selain itu, pertemuannya dengan Presiden Jokowi juga turut membahas mengenai progres pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Manyar Kabupaten Gresik, Jawa Timur, yang diklaim segera beroperasi pada pertengahan 2024.

"Terutama progres smelter yang mencapai lebih dari 92 persen, dengan harapan bisa selesai Mei dan segera beroperasi pada bulan Juni tahun ini dan nanti akan berproduksi penuh di tahun 2024 ini," ujarnya.

Editor: Alvi




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top