Minggu, 25 Februari 2024

Breaking News

  • Pemerintah Harus Waspada dengan Pandemic Treaty   ●   
  • DPRD Kota Pekanbaru Himbau Suplai Kebutuhan Sembako dari Daerah Tetangga hingga Pulau Jawa   ●   
  • Minta Pemerintah Waspadai Perjanjian Pandemic Treaty WHO , Dharma: Ancaman Kedaulatan Negara   ●   
  • Tradisi Malam Nisfu Syaban, Kampung Tanjung Tungga Gelar Yasinan 3 Kali dan Doa Bersama   ●   
  • Pakar Sebut Hak Angket Langkah yang Sangat Tepat, Urgent, Strategis, dan Konstitusional   ●   
CERI Desak Kemhan Umumkan Status Kontrak Pembelian Pesawat Mirage 2000-5 Qatar
Senin 12 Februari 2024, 13:01 WIB
Teks foto : Pesawat tempur Mirage2000-5 milik Qatar.

Bandung, Berazam.com : Di tengah hebohnya kabar tentang skandal pembelian Mirage-5 oleh Kementerian Pertahanan RI, Center of Energy and Resources Indonesia (CERI) menyatakan mendesak Kementerian Pertahanan RI mengumumkan secara resmi status kontrak pembelian pesawat tempur Mirage2000-5 milik Qatar.

"Kita desak Kemhan secara resmi merilis status kontrak pesawat Mirage, apakah dibatalkan atau ditunda, agar timbul kepercayaan publik dan dapat dipertanggungjawabkan" ungkap Direktur Eksekutif CERI, Yusri Usman, Senin (12/2/2024) di Bandung.

Keterangan resmi Kementerian Pertahanan itu menurut Yusri sangat penting lantaran keterangan Daniel Azhar Simanjuntak di Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran diragukan status posisinya sebagai Jubir Kemhan sangat diragukan kredibilitasnya oleh publik.

"Kami ingat sekali pada 15 Juni 2023, Kemhan secara resmi mengeluarkan pernyataan guna menghindari kontroversi di kalangan masyarakat terkait pembelian pesawat bekas ini, nah, harusnya sekarang Kemhan harus segera merilis keterangan resmi supaya terang benderang," ungkap Yusri.

Sementara itu, dilansir kompas.com pada Sabtu (10/12/2024), Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming membantah kabar Prabowo diduga korupsi pembelian 12 pesawat tempur Mirage 2000-5 dari Qatar.

Juru bicara TKN yang juga disebut sebagai juru bicara Menteri Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak, menyebut bahwa rencana pembelian 12 unit Mirage tahun lalu tak terealisasi karena keterbatasan fiskal.

Awal Januari lalu, Dahnil pernah mengatakan bahwa pembelian pesawat itu ditunda. Namun, kali ini, ia bilang dibatalkan, jadi meragukan keterangan dia.

Pada intinya, ujar dia, tak ada kontrak yang berlaku efektif maupun transaksi apa pun terkait Mirage dari Qatar.

Sementara itu, belakangan santer beredar kabar dugaan korupsi pembelian Mirage 2000-5 itu.

Dilansir kompas.com, adapun kabar ini ditulis di laman META NEX dengan judul "Indonesia Prabowo Subianto EU Corruption Investigation" yang dikutip lewat situs agregator berita MSN.com. Per malam ini, situs itu sudah tak bisa diakses.

Dalam dokumen yang tersebar, disebutkan bahwa lembaga antikorupsi Uni Eropa The Group of States against Corruption (GRECO) tengah menyelidiki kasus dugaan korupsi terkait pembelian bermasalah 12 pesawat Mirage 2000-5 dari Qatar.

Pembelian ini dijembatani oleh perusahaan Exalibur International asal Ceko sebagai pihak ketiga.

Di dalam dokumen itu, GRECO disebut mengajukan permohonan tindakan kepada Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia.

Dokumen itu menyebutkan, terdapat dugaan yang perlu diinvestigasi, bersumber dari dokumen whistleblower dari Parlemen Eropa, bahwa jutaan dolar AS hasil pembelian jet tua itu mengalir kepada Prabowo sebagai Menteri Pertahanan.

Editor : Yanto Budiman




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top