Minggu, 25 Februari 2024

Breaking News

  • Pemerintah Harus Waspada dengan Pandemic Treaty   ●   
  • DPRD Kota Pekanbaru Himbau Suplai Kebutuhan Sembako dari Daerah Tetangga hingga Pulau Jawa   ●   
  • Minta Pemerintah Waspadai Perjanjian Pandemic Treaty WHO , Dharma: Ancaman Kedaulatan Negara   ●   
  • Tradisi Malam Nisfu Syaban, Kampung Tanjung Tungga Gelar Yasinan 3 Kali dan Doa Bersama   ●   
  • Pakar Sebut Hak Angket Langkah yang Sangat Tepat, Urgent, Strategis, dan Konstitusional   ●   
Khataman Al-Qur'an: FIKOM UIR Implementasikan Iman dan Taqwa
Jumat 22 Desember 2023, 16:54 WIB
Khataman Al-Qur'an: FIKOM UIR Implementasikan Iman dan Taqwa

Pekanbaru, berazamcom - Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Islam Riau (UIR) kembali mengadakan kegiatan "khataman Al-Qur'an" dengan tema "Tingkatkan Semangat Baca Al-Qur'an untuk Mewujudkan Iman dan Taqwa". Kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi dari 3 mata kuliah dan 8 kelas yang ada di fakultas tersebut. Kegiatan ini dilangsungkan di lantai 3 Aula Fikom UIR pada Jumat (22/12/2023).

Risky Setiawan, selaku ketua panitia, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan Fikom UIR dengan tujuan meningkatkan silaturahmi dan minat membaca Al-Qur'an bagi mahasiswa dan seluruhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dekan Fikom UIR, Assoc. Prof. Dr. Muhd Ar Imam Riauan, M.I.Kom, mengungkapkan bahwa khataman Al-Qur'an merupakan bukti dari capaian pembelajaran yang diharapkan dapat mendorong mahasiswa untuk menjadi individu yang memiliki daya saing global dan berbasis iman dan taqwa. Ia juga menyampaikan data jumlah alumni dan mahasiswa aktif Fikom UIR, serta harapannya agar kegiatan ini dapat terus berlanjut dan menjadi lebih baik di masa mendatang.

Kegiatan khataman Al-Qur'an ini diawali dengan pawai mengelilingi UIR yang dimulai dan berakhir di Fikom UIR. Setelah itu, terdapat pembukaan di Aula Fikom oleh panitia. Acara juga meliputi sambutan-sambutan, shalawat dan zikir, khataman Al-Qur'an, Doa Khataman, Tepuk Tepung Tawar, dan doa bersama.

Wakil Rektor I UIR, Dr. H. Syafhendri, M.Si, mengapresiasi kegiatan ini dan menyatakan bahwa nilai-nilai Islam perlu diterapkan di tengah-tengah kehidupan kampus. Dia juga menargetkan agar mahasiswa menjadi sarjana yang berbasis iman dan taqwa.

Rustam Effendi, M.A., M.Si dari bidang dakwah dan Islam UIR, juga menyampaikan kebanggaannya atas inisiatif Fikom UIR dalam menggelar khataman Al-Qur'an. Dia menekankan pentingnya menjadikan Al-Qur'an sebagai panduan dalam kehidupan sehari-hari dan mengapresiasi fakultas ini sebagai satu-satunya yang mengadakan kegiatan khatam Al-Qur'an di UIR.

Acara ditutup dengan prosesi tepuk tepung tawar, yang merupakan tradisi budaya di daerah Pekanbaru. Tepuk tepung tawar dilakukan sebagai tanda rasa syukur, permohonan keberkahan, dan penolakan terhadap segala bala.

Kegiatan khataman Al-Qur'an ini diharapkan dapat terus berlanjut di masa mendatang dan menjadi momentum untuk meningkatkan semangat membaca Al-Qur'an serta memperkuat iman dan taqwa bagi seluruh civitas academica Fikom UIR.

 


Laporan: Nurul
Editor     :Yanto Budiman




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top