Minggu, 23 Juni 2024

Breaking News

  • Pertama di Riau, FK Universitas Abdurrab dan KREKI Riau Gelar Seminar dan Workshop Penanganan Kegawatdaruratan   ●   
  • Dinamika Persaingan Calon Gubernur Riau: Antara Spekulasi dan Persaingan Kekuatan Politik   ●   
  • Cegah Jadi Korban Hoaks, KPI Daerah Riau Gelar Literasi Media bagi 100 Mahasiswa di Pekanbaru   ●   
  • Aceh Butuh Kembalikan Kewenangan di Bidang Minerba dan Kemudahan Izin WPR Bukan PP Minerba   ●   
  • Kontroversi Kehadiran Bakal Calon Gubernur Riau di LAMR, Fauzi Kadir: Datang Belum Tentu Dipilih!   ●   
Menko PMK Puji Kinerja PJ Bupati Kampar Dinilai Sukses Turunkan Kemiskinan dan Tengkes
Minggu 17 September 2023, 13:02 WIB

Kampar, berazamcom  - Desa Tanah Merah Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar dikunjungi langsung Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko-PMK) Prof Dr Muhadjir Effendy, Sabtu (17/9/2023).

Sebelumnya desa itu menerima penghargaan Sustainable Development Goals (SDGs) Nasional 2023 atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dari Menteri PD.DTT RI.

Muhadjir memuji kinerja PJ Bupati Kampar Firdaus yang dinilai sudah melaksanakan tugas pokoknya dengan baik. Seperti penurunan angka stanting, penurunan angka masyarakat miskin ekstrem, pembinaan pengembangan bank sampah di desa.

"Bapak Presiden menugaskan kami, bahwa di tahun 2024 masyarakat miskin ekstrem sudah berada di angka nol. Dan di posisi sekarang, Kampar masih di angka 1,7 persen di atas rata-rata nasional," ujar PJ Bupati Kampar Firdaus.

Melalui bansos Kementerian Sosial, kata Firdaus, masyarakat miskin ekstrem wajib menerima bantuan sembako. Dalam hal itu, Pemkab Kampar telah melaksanakannya dengan baik.

"Alhamdulillah sudah didahului oleh Pemda Kampar yang berkerja sama dengan perusahaan melalui program CSR," ucap Firdaus.

Bentuk apresiasi Menko Muhadjir terhadap Pemda Kampar dalam pembinaan pengelolahan bank sampah yang ada di desa di Kampar, maka Muhadjir melalui deputinya akan memberikan bantuan mesin untuk pengelolahan sampah untuk kelompok bank sampah Desa Tanah Merah.

Menko Muhadjir meminta Pemkab Kampar melalui desa, camat sampai bupati agar penerima bansos ini tepat sasaran. Untuk penerima kategori lansia yang tidak bisa melaksanakan aktivitas, mereka berhak mendapatan bansos seumur hidup.

"Pak Menteri meminta Pemda Kampar untuk mengajukan ke Kemenkes RI untuk alat USG Puskesmas, karena melalui USH  gejala gangguan janin dan nanti bayi bisa diantisipasi. Sehingga minim anak yang lahir dengan gangguan. Bulan september akan dilaksanakan monitoring dan survey terkait angka stunting," jelasnya.

Muhadjir datang ke Tanah Merah disambut Pj Bupati Kampar H Muhamad Firdaus SE MM. Kunjungan itu merupakan dalam rangka koordinasi dan monitoring kebijakan pemerataan pembangunan wilayah khususnya terkait pembangunan desa, penanganan kemiskinan ekstrem dan stunting.

Muhadjirdidampingi oleh Deputi Bidang Koodinator Peningkatan Kesos Prof. Nunung Nuryantono, Deputi Bidang Koodinasi Pemerataan Pembangunan dan Penaggulangan Bencana Dr Sorni Paskah Daeli. Lalu, Kadis PMD Riau Djoko Edy Imhar, Forkopimda Kampar, para Kepala OPD, dan Camat Siak Hulu Ramlhmad Fajri, S.STP, M.Si. Pertemuan itu dilakukan di kantor Desa Tanah Merah.

Di depan Menko PMK, Firdaus melaporkan bahwa Kabupaten Kampar memiliki 21 kecamatan, 8 kelurahan dan 242 desa. Luas wilayahnya mencapai 10.983,47 km² dan jumlah penduduk 853.738 jiwa.

Dari jumlah penduduk tersebut menurut data terkahir yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kampar, tingkat kemiskinan ekstream di Kabupaten Kampar sebesar 1,73 persen atau 15.450 jiwa.

Menurut Firdaus, dalam percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, Pemkab kampar melakukan beberapa strategi kebijakan yang meliputi menetapkan data sasaran keluarga miskin ekstrem, menyusun program dana APBD kegiatan pada RKPD Kabupaten.

Kemudian memfasilitasi penyediaan lahan perumahan bagi penerima manfaat, serta menyampaikan laporan hasil pelaksanaan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem kepada Gubernur Riau setiap 3 bulan sekali.

"Untuk itu perlu kami laporkan bahwa data terakhir angka stunting di Kabupaten Kampar sebanyak 8% anak terkena stunting, yang sebelumnya 14,5% anak di wilayah Kabupaten Kampar, angka ini terus kami tekan sesuai target pemerintah yakni nol di tahun 2024," jelasnya.

Sementara itu Menko PMK Muhadjir menyampaikan ucapan selamat kepada Desa Tanah Merah yang batu saja meraih Penghargaan SDGs (Sustainable Development Goals atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) dari Kementerian PD.DTT RI.

"Desa Tana Merah layak mendapatkan penghargaan tersebut. Hal ini terlihat, di Tanah Merah sudah jauh dari kemiskinan ekstrem, masyarakat kelaparan, pengolahan sampah yang sudah bagus, serta pemberdayaan kaum perempuan," kata Muhadjir.

Kemudian dalam arahan singkatnya sebelum melakukan dialog dan penyerahan dana serta sembako kepada masyarakat, Menko Muhadjir juga menyampaikan bahwa selain dalam rangka Koordinasi dan Monitoting Kebijakan Pemerataan Pembangunan Wilayah, Penanganan Kemiskinan Ekstrem dan Stunting.

Selain itu, Muhadjir juga mengingatkan terkait pengolahan sanitasi dan sampah. Karena hal ini juga menjadi permasalahan saat ini di tengah masyarakat, apalagi di perkotaan.

Terkait penanganan stunting, Muhadjir mengingatkan agar pada tahun 2024 kasus ini bisa terselesaikan sampai nol kasus. Termasuk pembangunan dan kemiskinan ekstrem.

"Semua itu harus disertai dengan pendidikan yang berkualitas, persamaan peran perempuan agar kemiskinan dan kelaparan jauh dari Kampar," kata Muhadjir.




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top