Sabtu, 30 September 2023

Breaking News

  • BMKG: 1.492 Titik Panas Terdeteksi di Sumatera, Terbanyak Sumsel 1.117   ●   
  • Kabut Asap Mulai Muncul di Pekanbaru, BPBD Riau Sebut Kiriman dari Provinsi Tetangga   ●   
  • Ada Kendala Teknis, Pendaftaran Seleksi PPPK Guru Pemprov Riau Diperpanjang hingga 9 Oktober   ●   
  • Sudah Dua Orang Daftar Seleksi Calon Dirut Bank Riau Kepri Syariah   ●   
  • Soal 5 Proposal Kenegaraan DPD RI, LaNyalla: DPD RI dan Stakeholder Bangsa Akan Desak MPR   ●   
6 Kebiasaan Sehat Rasulullah SAW Saat Puasa di Bulan Ramadan
Rabu 29 Maret 2023, 11:52 WIB
Ilustrasi

Jakarta, berazamcom - Rasulullah SAW memiliki beberapa kebiasaan sehat yang bisa ditiru selama Ramadhan.

Puasa di bulan Ramadhan tak hanya mengajarkan umat Islam untuk menahan hawa nafsu tetapi juga menjaga kesehatan. Tubuh bisa lebih sehat dengan catatan tiap sahur dan buka puasa nutrisi terpenuhi dan asupan cairan cukup.

Di samping itu, anda juga bisa mengikuti kebiasaan-kebiasaan sehat Rasulullah SAW selama puasa.


1. Makan dalam porsi lebih sedikit

Nabi Muhammad terbiasa makan lebih sedikit untuk mencegah sakit penyakit. Seperti dilansir dari Health Fitness Revolution, praktik makan dalam porsi lebih sedikit menurut Islam yakni, perut diisi 1/3 makanan, 1/3 cairan dan 1/3 napas.

Untuk mencegah makan berlebihan, coba praktikkan mindful eating atau makan dengan penuh kesadaran. Aktivitas makan dilakukan dengan fokus pada makanan tanpa distraksi misal, makan sambil buka media sosial atau menonton video.

2. Makan perlahan

Diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW sangat menganjurkan untuk makan dengan perlahan. Makan perlahan dimaksudkan untuk membantu proses pencernaan.

Seperti dilansir dari Connect Muslim Pro, kebiasaan ini ternyata didukung secara ilmiah. Perlu waktu sekitar 20 menit untuk otak mengirim sinyal kenyang.


3. Menu buah delima

Buah delima dianggap sebagai buah favorit Rasulullah SAW. Riset membuktikan bahwa buah ini memang salah satu makanan paling sehat di bumi.

Delima mengandung mangan yang membantu pembentukan struktur tulang selama proses metabolisme. Kemudian kandungan potasium membanu menjaga fungsi sel dan menjaga keseimbangan kadar cairan.

Seperti dilansir dari Islamic Seminary, buah delima tinggi kandungan flavonoid dan polifenol. Dua jenis antioksidan ini mampu melindungi tubuh dari penyakit jantung.


4. Tidur cukup

Tidur cukup juga salah satu kunci hidup sehat selain asupan bernutrisi dan aktivitas fisik. Rasulullah SAW tidak pernah kurang tidur atau tidur berlebihan.

Berbagai penelitian ilmiah pun mengaku bahwa tidur lebih awal bisa menjaga stabilitas berat badan dan menghindari masalah lebih serius seperti diabetes, obesitas dan penyakit jantung.


5. Berbuka dengan kurma

Apa yang biasa Anda konsumsi saat adzan berkumandang? Pasti jawabannya tidak jauh dari teh manis, gorengan atau makanan apa saja yang ada di dekat Anda. Sebenarnya, Rasulullah SAW memberikan saran berbeda.

Dia biasa berbuka dengan kurma. Secara ilmiah pun kurma mampu menstabilkan kadar gula dalam darah, menyeimbangkan kadar elektrolit tubuh. Kemudian Anda juga bisa membantu sistem pencernaan untuk bersiap ke menu yang lebih berat.


6. Tetap aktif

Tubuh musti tetap aktif termasuk selama Ramadhan. Dalam Islam, salat saja perlu tubuh kuat sebab gerakan-gerakannya menuntut kondisi tubuh yang fit. Olahraga tetap diperlukan dalam intensitas sedang dan berat.




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top