Minggu, 23 Juni 2024

Breaking News

  • Pertama di Riau, FK Universitas Abdurrab dan KREKI Riau Gelar Seminar dan Workshop Penanganan Kegawatdaruratan   ●   
  • Dinamika Persaingan Calon Gubernur Riau: Antara Spekulasi dan Persaingan Kekuatan Politik   ●   
  • Cegah Jadi Korban Hoaks, KPI Daerah Riau Gelar Literasi Media bagi 100 Mahasiswa di Pekanbaru   ●   
  • Aceh Butuh Kembalikan Kewenangan di Bidang Minerba dan Kemudahan Izin WPR Bukan PP Minerba   ●   
  • Kontroversi Kehadiran Bakal Calon Gubernur Riau di LAMR, Fauzi Kadir: Datang Belum Tentu Dipilih!   ●   
Gubernur Syamsuar Sebut Hari Desa Asri Nusantara Upaya Menjaga Kelestarian Alam
Senin 20 Maret 2023, 17:33 WIB

Pelalawan, berazamcom- Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar berharap melalui peringatan Hari Desa Asri Nusantara kepadulian masyarakat terhadap lingkungan hidup akan semakin baik, guna mewujudkan desa yang asri penuh dengan pepohonan yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Hari Desa Asri Nusantara diperingati sebagai upaya menjaga kelestarian alam," kata Gubernur Syamsuar dalam peringatan Hari Desa Asri Nusantara di Desa Makmur Kecamatan Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Senin (20/3/2023).

Dalam agenda tersebut, dilakukan penanaman pohon serentak sebanya 8.508.327 pohon se Indonesia, dan dilakukan secara simbolis oleh Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma'ruf Amnin, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Bupati Pelalawan, Zukri Misran, dan Forkopimda di Desa Makmur Kecamatan Pangkalan Kerinci, Pelalawan.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, sebut Gubri, berkomitmen untuk mewujudkan kualitas lingkungan yang lebih baik melalui program Riau Hijau.

Menurut Gubernur Syamsuar, tema dalam peringatan Hari Desa Asri Nusantara tahun 2023 "Desa Menghijaukan Dunia" dapat mengingatkan masyarakat akan pentingnya upaya mewujudkan lingkungan desa yang asri dengan pepohonan yang mempunyai berbagai fungsi yang penting untuk kehidupan.

"Peran serta seluruh masyarakat desa di Riau sangat di harapkan dan menjadi kunci keberhasilan bersama," jelas Gubri.

Sementara itu, Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma'ruf Amin mengatakan bahwa diperingatinya Hari Desa Asri Nusantara guna meningkatkan kesadaran akan ancaman bencana kemanusiaan yang sangat berat akibat perubahan iklim, yang dapat timbul apabila tidak bergegas dan mengambil langkah serius.

"Saya senang mengetahui isu ini (penanaman pohon dalam rangka memperingati Hari Desa Asri Nusantara), karena telah menjadi perhatian Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam merumuskan program dan kebijakan," imbuhnya.

Secara khusus, Wapres meminta Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, dan Pemerintah Desa bekerja sama mengelola Dana Desa secara akuntabel dan penuh integritas, serta memperbanyak investasi hijau yang masuk ke desa-desa, guna memenuhi kebutuhan dasar, membangun sarana dan prasarana, menghapus kemiskinan ekstrem, menurunkan angka stunting, menciptakan lapangan kerja, serta menghasilkan alternatif sumber pendapatan bagi para petani dan nelayan.

"Jika ini bisa direalisasikan, maka kemuliaan pembangunan di wilayah pinggiran dapat dikatakan telah dikerjakan," pungkas Wapres, Ma'ruf Amin.




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top