Kamis, 1 Juni 2023

Breaking News

  • Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila, Gubri Ajak Mengajak Mengaktualisasikan Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari   ●   
  • Biang Kerok Pergantian Mendadak Dua Direktur PGN Terungkap, CERI: Ngeri...!   ●   
  • Pendaftaran Beasiswa dari Baznas Riau 2023 Telah di Buka, Ini Ketentuannya   ●   
  • Pemprov Riau Sudah Salurkan Bansos Rp25 Miliar ke 95 Panti Asuhan   ●   
  • PLN Mulai Pasang Tiang Listrik di Kios Pedagang Pasar Cik Puan   ●   
Wapres Ma'ruf Amin Hadiri Peringatan Hari Desa Asri Nusantara Tahun 2023 di Pelalawan
Senin 20 Maret 2023, 17:29 WIB

Pelalawan, berazamcom- Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma'ruf Amin menghadiri peringatan Hari Desa Asri Nusantara di Desa Makmur, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Senin (20/3/2023).

Sebagai informasi, Hari Desa Asri Nusantara adalah hari yang ditetapkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi untuk mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya lingkungan desa yang Aman, Sehat, Rindang, Indah (ASRI).

Untuk mewujudkan desa ASRI, dilakukan upaya menjaga kelestarian alam, terutama pepohonan, yang memiliki banyak fungsi diantaranya fungsi klimatologi, fungsi hidrologis, fungsi ekologi, dan fungsi erologis.

Dalam kegiatan itu, juga melakukan penanaman pohon secara simbolis oleh Wapres RI, Ma'ruf Amnin, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Bupati Pelalawan, Zukri Misran, dan Forkopimda. Penanaman pohon juga dilakuka serentak yang diikuti oleh seluruh desa se Indonesia dan dilakukan secara daring. Adapun pohon yang ditanam sebanyak 8.508.327 pohon seluruh Indonesia.

"Selamat memepringati Hari Desa Asri  Nusantara Tahun 2023, semoga Allah SWT senantiasa memberikan hidayahnya kepada negara kita," ujar Wapres, Ma'ruf Amin di Pelalawan, Senin (20/3/2023).

Dikatakan Wapres, hampir satu dekade desa telah masuk dalam panggung utama pembangunan, karena pembangunan desa juga sebagai pusat pertaruan masa depan sebab aneka problematikan vital bermukim di desa, mulai dari pendidikan, penguasaan, ekologi, ekonomi, hingga kerentanan sosial.

"Memperingati Hari Desa Asri Nusantara ini, guna meningkatkan kesadaran kesadaran ancaman kemanusiaan yang sangat berat akibat iklim," jelas Wapres.

Ditempat yang sama, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyebut bahwa dengan mengambil tema "Desa Menghijaukan Dunia" dapat mengingatkan manusia akan pentingnya upaya mewujudkan lingkungan desa yang asri dengan pepohonan yang mempunyai berbagai fungsi yang penting untuk kehidupan semua.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, sebut Gubernur Syamsuar berkomitmen untuk mewujudkan kualitas lingkungan yang lebih baik, melalui program Riau Hijau yang mencakup beberapa kebijakan, yakni meningkatkan pengendalian kerusakan dan penyamaran lingkungan, meningkatkan kualitas pengelolaan sumber daya alam, serta meningkatkan bauran energi mari sumber daya alam terbarukan.

"Kebijakan ini juga diharapkan akan mendukung komitmen pemerintah dalam pembangunan rendah karbon dan penurunan emisi gas rumah kaca melalui rencana kerja Indonesia FOLU Net Sink 2030," pungkas Gubri.




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top