Kamis, 25 April 2024

Breaking News

  • Uang Beredar di Indonesia Mencapai Rp 8.888,4 Triliun per Maret 2024, Ini Kata Orang BI   ●   
  • Andi Rahman Desak Pemerintah Segera Tuntaskan Pembayaran Lahan Tol Pekanbaru -Padang   ●   
  • Brigjend TNI Edy Natar Nasution Mendaftar sebagai Balon Gubri di Kantor PDIP Riau   ●   
  • MTQ Ke-42 Tingkat Provinsi Riau, Kota Pekanbaru Raih Juara Pertama Cabang Fahmil Qur’an Putri   ●   
  • Serius Maju dalam Pilgubri 2024: Edy Natar Nasution Sudah Ketemu Sekjen DPP NasDem & Ketua DPW Nasdem Riau   ●   
Baznas Siak Sebut Potensi Zakat di Kecamatan Tualang Cukup Besar
Selasa 19 Juli 2022, 18:06 WIB
Kektu UPZ Tualang H Al Jufri S.Sos (Kanan) Saat Penyerahan Bantuan BAZ Mart Kepada Warga Tualang | FB Kampung Perawang Barat/ist

Siak, berazamcom - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Siak melalui Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Kecamatan Tualang, mengatakan potensi zakat cukup tinggi. BAZ Siak melalui UPZ Tualang juga berharap kepada masyaralat untuk menyerahkan zakat ke Unit pengumpulan zakat atau ke BAZ Siak.

Hal itu disampaikan Ketua UPZ Tualang H Aljufri SSos, Selasa (19/7/2022). Dia menyampaikan, untuk kesadaran masyarakat masih terbilang minim."Kita kan UPZ Kecamatan, akan tetapi kesadaran masyarakat untuk membayarkan zakat itu masih di bawah persentase dari pencapaian target, namun kita tetap akan upayakan bagaimana menggali dan mengumpulkan potensi zakat ini secara maksimal," kata Aljufri.

Sementara itu, Penghulu Maredan Barat sekaligus Ketua UPZ Tualang ini menjelaskan, pihak UPZ Tualang yang paling banyak mengumpulkan zakat pada Gemar Siak Berzakat, banyaknya terkumpul pada bulan Ramadhan tahun kemarin sebesar Rp160 juta dan inilah pendapatan zakat paling besar pada tahun 2021 lalu.

"Salah satu contoh saat ini, ada masyarakat yang baru menjual sebidang tanah dengan besaran zakat Rp 20 juta yang dibayarkan ke UPZ Tualang, sementara untuk pembayaran zakat yang rutinitas saat ini belum ada," ujar Aljufri.

Sedangkan untuk pengumpulan zakat tahun 2021, yaitu sebesar Rp 120 juta dikarenakan pandemi covid-19 dan naik sekitar 130 persen. Sementara target itu tidak sesuai dari pendapatan tahun sebelumnya.

Untuk potensi zakat yang ada di wilayah Kecamatan Tualang saat ini minimal sekitar Rp 500 juta keatas, karena bila dilihat dari grafik di Kabupaten Siak saat ini, seperti Lubuk Dalam, Kerinci Kanan, dan Dayun, zakat yang terkumpul berkisaran Rp300 - 400 juta.

"Kita tahu Kecamatan Sungai Mandau saja zakat yang terkumpul sebesar Rp300 juta. Memang setiap kali mengikuti rapat di kabupaten, Tualang selalu menjadi sorotan, untuk usaha, dan upaya sudah kami lakukan," ucap H Aljufri, Selasa (19/7/2022).

"Namun karena kesadaran masyarakat kita itu masih kurang, dan kebanyakan masyarakat kita berlomba-lomba masih membayarkan zakatnya di kampung, dan ada keluarga yang susah. Namun sebaliknya masyarakat kebanyakan saat ini banyak menuntut," terang dia.

Aljufri mengatakan, kendala dalam pengumpulan zakat di Kecamatan Tualang saat ini yang pertama kesadaran masyarakat masih rendah, yang kedua masih membayarkan zakat secara langsung kepada masyarakat.

Sementara UPZ Tualang sendiri dari zakat yang dibayarkan dan terkumpul akan disalurkan kembali secara langsung kepada masyarakat, dan yang ketiga masih banyak yang membayarkan zakatnya di kampung.

"Kita minta kepada masyarakat Kecamatan Tualang khususnya agar dapat membayarkan zakatnya di unit-unit yang telah tersedia di Kecamatan Tualang atau UPZ Kecamatan Tualang, dan Baznas Kabupaten Siak," harap Ketua UPZ Tualang tersebut.*infotorial




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top