Minggu, 25 Februari 2024

Breaking News

  • Pemerintah Harus Waspada dengan Pandemic Treaty   ●   
  • DPRD Kota Pekanbaru Himbau Suplai Kebutuhan Sembako dari Daerah Tetangga hingga Pulau Jawa   ●   
  • Minta Pemerintah Waspadai Perjanjian Pandemic Treaty WHO , Dharma: Ancaman Kedaulatan Negara   ●   
  • Tradisi Malam Nisfu Syaban, Kampung Tanjung Tungga Gelar Yasinan 3 Kali dan Doa Bersama   ●   
  • Pakar Sebut Hak Angket Langkah yang Sangat Tepat, Urgent, Strategis, dan Konstitusional   ●   
Konsep Sanitary Landfill di TPA Muara Fajar Masih Pengerjaan, DLHK Pekanbaru: Akhir Tahun Selesai
Senin 15 November 2021, 13:35 WIB
ist

Pekanbaru, berazamcom - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru masih menggesa pengerjaan konsep sanitary landfill di TPA Muara Fajar 2. Konsep ini merupakan upaya untuk menambah kapasitas penampungan sampah di TPA yang sudah hampir penuh itu.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala DLHK Kota Pekanbaru, Hendra Afriadi mengatakan, progres pengerjaan sudah sampai pada tahap penimbunan di area TPA Muara Fajar 2.

"Sanitary landfill tetap lanjut. Sekarang penimbunan dengan tanah dan penutupan dinding tumpukan sampah di TPA 2 itu, serta penutupan lereng-lereng," ujarnya, Minggu (14/11/2021).



Setelah nantinya dinding zona satu dan zona dua di TPA Muara Fajar 2 itu tertutup, maka DLHK akan melakukan penimbunan dengan tanah gembur sesuai aturannya. Dengan ketinggian 1,5 sampah, kemudian dilakukan penimbunan dengan tanah.

"Akhir tahun ini kita selesaikan. Karena kapasitas TPA itu memang sudah habis tahun depan tahun 2022, jadi satu tahun lagi sudah penuh. Makanya dengan pola sanitary renfil ini lahan TPA 2 ini masih bisa dimanfaatkan," jelasnya.

Sementara itu, Hendra mengatakan DLHK akan melakukan pembebasan lahan untuk perluasan TPA 2. Nantinya perluasan itu menggunakan APBN di tahun 2023.



"Yang dilakukan sekarang itu adalah merekonstruksi lahan TPA 2, dari pola open dumping ke pola sanitary landfill. Memang harus bertahap, kita pembagian zona dulu, Zona 1, zona 2, dan zona 3 atau zona buang. Sekarang sudah kita bentuk, tinggal pemindahan operasional. Akhir tahun ini selesai," ulangnya.

Menurutnya, setelah proses pengerjaan selesai, maka penanganan sampah di hilir dapat tertata dengan baik. Ia juga mengharapkan dukungan masyarakat Kota Pekanbaru agar pola penanganan sampah di TPA bisa berjalan dengan baik dan sesuai harapan. (Advertorial).




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top