Minggu, 25 Februari 2024

Breaking News

  • Pemerintah Harus Waspada dengan Pandemic Treaty   ●   
  • DPRD Kota Pekanbaru Himbau Suplai Kebutuhan Sembako dari Daerah Tetangga hingga Pulau Jawa   ●   
  • Minta Pemerintah Waspadai Perjanjian Pandemic Treaty WHO , Dharma: Ancaman Kedaulatan Negara   ●   
  • Tradisi Malam Nisfu Syaban, Kampung Tanjung Tungga Gelar Yasinan 3 Kali dan Doa Bersama   ●   
  • Pakar Sebut Hak Angket Langkah yang Sangat Tepat, Urgent, Strategis, dan Konstitusional   ●   
Optimistis Raih Piala Adipura di Akhir Kepemimpinan Firdaus-Ayat, DLHK Pekanbaru Fokus Benahi TPA Muara Fajar
Jumat 05 November 2021, 16:09 WIB
ist

Pekanbaru, berazamzom - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru terus gencar dan berupaya dalam menangani persoalan sampah di Kota  Pekanbaru, baik sampah di tepi jalan maupun di selokan. Hal ini dilakukan agar Kota Pekanbaru bersih dan nyaman dipandang mata. Bahkan, petugas DLHK Pekanbaru setiap hari mengangkut sampah yang ada di sudut Kota Pekanbaru, kemudian dibawa ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Selain itu juga dengan melakukan pembenahan secara terpadu di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Muara Fajar. "Fokus pembuangan sampah semestinya terkoneksi dengan baik dari hulu menuju hilir. Kita upayakan pembenahan secara terpadu agar pembuangan sampah di hilir tidak lagi terkendala seperti sebelumnya. Salah satunya fokus membenahi TPA di Muara Fajar," ujar Hendra Afriadi SH M.Si, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Ahad (31/10/2021).
 
Dijelaskan Hendra Afriadi, saat ini pihaknya tengah fokus melakukan sejumlah pembenahan dan perbaikan di TPA Muara Fajar.

"Ada sejumlah penanganan yang tengah kita lakukan. InsyaAllah kalau semua berjalan dengan lancar. Hilir pembuangan sampah di Kota Pekanbaru bisa tertata dengan baik," tegasnya lagi.

Fokus penanganan TPA Muara Fajar ada beberapa tahapan yang kita kerjakan. Antara lain :
•Pembuatan Jalan Operasi di atas sel sampah
•Perbaikan saluran lindi yang tersumbat
•Pembentukan lereng sampah dekat bangunan penunjang
•Penutupan tanah di atas lereng sampah yang terbentuk
•Penanaman rumput di atas tanah penutup
•Pemasangan Pipa Gas,
•Meratakan Timbunan sampah yang sudah menggunung,
•Pengerukan lumpur di bak anaerobik di IPL,
•Perbaikan jembatan Timbang
•Perbaikan pagar

Untuk Pembuatan Jalan Operasi di atas sel sampah, pihaknya tambah Hendra Afriadi membutuhkan dua model alat berat yakni Excavator dan Bulldozer.

"Excavator untuk memindahkan sampah dengan jarak paling pendek serta menggunakan lengannya untuk jarak yang panjang. Serta Buldozer untuk memindahkan dan meratakan sampah dengan jarak sekitar 20 m," katanya menjelaskan. Selanjutnya pihaknya juga mulai mengatasi saluran lindi yang tersumbat agar alur distribusi sampah bisa berjalan dengan baik. Selain itu tambah Hendra juga melakukan pembentukan lereng sampah dekat bangunan penunjang serta penutupan tanah di atas lereng sampah yang terbentuk. Kemudian juga melakukan penanaman rumput di atas tanah penutup serta pemasangan pipa gas.



Selanjutnya pihaknya juga akan melakukan pemasangan pipa gas dan meratakan timbunan sampah yang menggunung. Setelah semua tertata dengan baik, DLHK Pekanbaru akan melakukan perbaikan jembatan timbang serta perbaikan pagar.

Hendra berharap mekanisme penanganan sampah di TPA Muara Fajar akan lebih tertata lebih baik kalau tahapan-tahapan perbaikan bisa kita maksimalkan. "InsyaAllah akan tertata lebih baik dan TPA Muara Fajar nantinya akan terkelola dengan sempurna," tegasnya menambahkan.

Terakhir pihaknya mengharapkan dukungan masyarakat Kota Pekanbaru agar pola penanganan sampah di TPA bisa berjalan dengan baik dan sesuai harapan Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus, ST, MT. "Harapan kita seperti itu sehingga penanganan sampah di Hilir bisa tertata dengan baik dan bisa mengeliminir penumpukan seperti pola Sanitary Landfill," katanya lagi.



Ketika ditanyakan lagi konsep Sanitary Landfill di daerah mana di Indonesia yang saat ini terbaik penanganannya, Hendra secara tegas mengatakan di Balikpapan atau tepatnya di TPA Mandar. "Saat ini kita mengacu seperti halnya TPA Mandar," katanya menambahkan.

Terakhir Hendra berharap penanganan TPA Muara Fajar dengan pola Sanitary Landfill akan memperbesar peluang Kota Pekanbaru bakal mendapatkan Piala Adipura. "Harapan DLHK Kota Pekanbaru di masa akhir kepemimpinan Dr H Firdaus, ST,MT, Kota Pekanbaru mendapatkan adipura yang selama ini kita impikan," harapnya. (advertorial)




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top