Minggu, 25 Februari 2024

Breaking News

  • Pemerintah Harus Waspada dengan Pandemic Treaty   ●   
  • DPRD Kota Pekanbaru Himbau Suplai Kebutuhan Sembako dari Daerah Tetangga hingga Pulau Jawa   ●   
  • Minta Pemerintah Waspadai Perjanjian Pandemic Treaty WHO , Dharma: Ancaman Kedaulatan Negara   ●   
  • Tradisi Malam Nisfu Syaban, Kampung Tanjung Tungga Gelar Yasinan 3 Kali dan Doa Bersama   ●   
  • Pakar Sebut Hak Angket Langkah yang Sangat Tepat, Urgent, Strategis, dan Konstitusional   ●   
Pendapatan Sektor Pajak Inhu 2019 Lebihi Target, Ternyata Ini Yang Dilakukan Bupati Yopi
Selasa 17 Desember 2019, 10:10 WIB
Kaban Bapenda Inhu Arief Fadillah beserta timnya yang handal

KOMITMEN Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hulu (Inhu) dibawah kepemimpinan Bupati muda, merakyat dan energik, yakni H Yopi Arianto, SE dalam meningkatkan pendapatan asli daerah bukan hanya slogan atau pemanis kata saja.

Hal ini dibuktikan dengan kerja keras serta berbagai upaya yang dilakukan Pemkab Inhu, melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Inhu yang dinahkodai oleh Arief Fadilah.

Putra asli Rengat itu memang tidak tanggung-tanggung dalam menjalankan tugasnya sebagai ujung tombak untuk memaksimalkan pendapatan daerah.
Salah satu bukti keberhasilannya dalam mendongkrak pendapatan daerah adalah pendapatan sektor pajak pada tahun 2019 ini meningkat, bahkan melebihi target yang ditetapkan.

Untuk tahun 2019 ini, dari target pendapatan pajak daerah yang ditetapkan sebesar Rp.33,8 miliar Bapenda Inhu berhasil merealisasikan pajak daerah menjadi Rp.34,2 miliar. Pencapaian realisasi pajak daerah ini tidak terlepas dari kerja keras Kaban Bapenda Inhu beserta seluruh staf Bapenda Inhu.

"Ini semua tidak terlepas dari suport dan arahan Bupati Inhu Yopi Arianto kepada kami agar berani berbuat dan bekerja keras dengan melakukan berbagai inovasi disegala bidang," ujar Kaban Bapenda Inhu Arief Fadillah didampingi Kabid Penerimaan Bapenda Inhu, Venisa Dwipa Sari.

Realisasi pajak daerah yang melebihi target ini bisa diraih Bapenda Inhu tidak hanya dengan bekerja keras, tapi juga menerapkan berbagai inovasi dalam memudahkan para wajib pajak dan menyederhanakan pelayanan serta melakukan perluasan jangkauan pelayanan.

Untuk itu pada pertengahan tahun 2019 lalu, Bapenda Inhu meluncurkan program pelayanan yang memanjakan para wajib pajak dengan nama Sistim Elektronik Pajak Daerah atau biasa disebut SEROJA.

Program SEROJA ini bertujuan untuk memudahkan para wajib pajak self asesment, dimana dengan perluasan jangkauan pelayanan secara elektronik wajib pajak seperti, restoran, hotel dan mineral bukan logam serta lainnya dapat lebih mudah melakukan pembayaran pajaknya.

Demikian juga untuk bendahara desa dan sekolah-sekolah serta instansi lainnya di Kabupaten Inhu, dapat memanfaatkan program SEROJA ini. Mengingat sejak akhir tahun 2017 lalu sudah diberlakukan non tunai untuk pembayaran pajak tersebut.

Tidak hanya berhenti pada satu inovasi saja, Bapenda Inhu terus melakukan inovasi untuk meningkatkan standar pelayanan bagi para wajib pajak.
Setelah sukses dengan program SEROJA, Bapenda Inhu juga meningkatkan pelayanan dengan merangkul stake holder lainnya dalam melakukan kerjasama, seperti program E-Channel, Bapenda Inhu bekerjasama dengan Bank Riau-Kepri.
Selain itu untuk lebih mengoptimalkan pajak, Bapenda Inhu melakukan Tax Clearance bekerjasama dengan BPN dibawah pengawasan KPK. Dimana program Tax Clearance atau disebut Host To Host ini dilakukan untuk lebih mengoptimalkan pajak pendapatan seperti, BPHTB dan PBB.

Kaban Bapenda Inhu Arief Fadillah beserta timnya yang handal

Selain terus melakukan inovasi-inovasi untuk meningkatkan pelayanan bagi para wajib pajak, Bapenda Inhu juga terus berupaya meningkatkan pajak daerah dengan menggali dan mengoptimalkan potensi-potensi yang ada.
Dan yang paling utama, Bapenda Inhu selalu menjaga ketersedian anggaran dan menjaga tidak adanya potensi hutang yang muncul.

Arief Fadillah optimis jika tahun 2019 seluruh target yang dibebankan dapat direalisasikan per 31 Desember dan menjamin selama kepemimpinan Bupati Inhu Yopi Arianto tidak ada potensi hutang yang muncul.

Acara penandatanganan MoU dengan KPK di Provinsi Riau

"Selama kepemimpinan Bupati Inhu Yopi Arianto, Bapenda Inhu selaku pembantu Bupati selalu berusaha mencapai visi misi kepala daerah. Dimana dari sisi Bapenda Inhu pencapaian visi misi kepala daerah tersebut dapat dilakukan dengan menjaga likuiditas, menjaga ketersediaan anggaran, menjaga ketersedian pembayaran dan selama kepemimpinan Bupati Yopi Arianto tidak ada potensi hutang yang muncul," tegas Arief Fadillah.

Dengan bekerja keras dan semangat untuk terus berbuat dibawah pimpinan Bupati Inhu Yopi Arianto, Bapenda Inhu dengan dipimpin Arief Fadillah selain terus berusaha mencapai visi misi kepala daerah, juga terus melakukan inovasi untuk mewujudkan harapan semua pihak guna meningkatkan pendapatan daerah melalui pajak daerah.

Semangat kerja keras dan kemauan untuk terus berbuat yang terbaik akhirnya menghasilkan realisasi pajak daerah yang terus meningkat setiap tahunya, hal ini terlihat pada tahun 2019 ini (adv Kominfo Inhu)



Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top