Jumat, 26 April 2024

Breaking News

  • CERI Pertanyakan Hakim Tipikor KPK yang Tidak Menghadirkan Nicke & Soetjipto dalam Sidang Kasus Pengadaan LNG   ●   
  • Edy Natar Bergerak Cepat, Jalin Silaturahmi dengan Parpol   ●   
  • RDP PPDB, DR. Karmila Sari: Komisi V DPRD Riau Rekomendasi Penilaian Langsung Oleh Siswa   ●   
  • Kabar Duka, Bupati Indragiri Hilir 2 Periode, Indra Mukhlis Adnan Meninggal Dunia   ●   
  • Kolaborasi yang Apik STY dengan Pemain, Hantarkan Indonesia ke Semifinal Piala Asia U23 2024   ●   
Motif Politik Rizal Akbar Maju Pilkada Dumai 2020
Senin 02 Desember 2019, 10:54 WIB
Rizal Akbar saat mendaftar ke Partai Gerindra Dumai
Pekanbaru, Berazam - Dr H Muhammad Rizal Akbar SSi, M. Phil memang tidak sepopuler Walikota Dumai Zulkifli AS atau Wakil Walikota Eko Suharjo. Tapi soal konsep, ide, gagasan dan pemikiran jangan diragukan. Itulah kenapa banyak tokoh-tokoh masyarakat di Dumai mendorong Rizal Akbar maju pada Pilwakot Dumai tahun 2020 mendatang.

Saat acara ICMI dan akreditasi dosen di Pekanbaru baru baru ini,  saya berkesempatan bertemu dengan Doktor ekonomi Islam terbaik Universitas Trisakti Jakarta tahun 2016 ini. Kurang lebih 1 jam kami berbincang tentang Dumai  yang kemudian menyinggung tentang niatnya maju dalam kontestasi politik Pilkada Dumai.

"Kalau ingin melakukan perubahan jangan tunduk terhadap kenyataan, asalkan kau yakin di jalan yang benar maka lanjutkan", katanya mengutip Abdurrahman Wahid (Presiden ke -4 RI).

"Yah, perubahan. Itu kata kuncinya.
Ditengah zaman yang sangat dinamis dan disruptif sekarang ini seorang pemimpin baik di privat sektor maupun pemerintahan mau tidak mau suka tidak suka harus mampu membuat perubahan, berfikir dengan cara "out of the box", keluar dari kotak birokrasi dan melompat dengan melakukan inovasi demi kemajuan daerah yang bermuara kepada kesejahteraan masyarakat," begitu kata Rizal Akbar.

Menurut pria kelahiran Sungai Alam Bengkalis, 12 September 1974 ini Dumai merupakan kota yang memiliki potensi besar untuk berkembang. Untuk sampai kepada tujuan itu, diperlukan gagasan yang benar dalam perencanaan pembangunannya.

Keterbatasan sumberdaya baik SDM maupun Sumberdaya modal menghendaki pembangunan kota ini harus lebih efektif, efisien dan memerlukan pelbagai inovasi baru dalam pembangunannya.

Keinginan hanya untuk berkuasa dengan hanya menjalankan rutinitas biasa-biasa saja, adalah resistensi bagi negeri ini untuk  berkembang.

Rizal Akbar mendaftar ke PPP Dumai

"Maka perlu pembenahan mendasar baik dalam struktur penerimaan dan belanja daerah, alokasi sumberdaya manusia, visi, misi dan program pembangunan semuanya harus kembali kepada gagasan yang benar-benar sesuai dengan potensi dan kebutuhan kota ini," papar peraih 21700 suara di Dumai saat bertarung sebagai calon anggota DPD RI tahun 2019.

Lalu apa saja langkah yang telah dia lakukan untuk bisa kelak mewujudkan ide dan gagasan cemerlang itu?  Sebab dalam kontestasi politik elektoral tidak cukup hanya dengan modal narasi yang bagus ketika satu dari sekian prasyarat penting bernama "perahu" parpol untuk 'berlayar',  tidak terpenuhi,  maka semua mimpi mimpi itu akan terkubur.

Ternyata tokoh pendidikan yang mendirikan Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai sejak tahun 1999 ini jauh hari sudah melakukan komunikasi dengan partai politik.

"Berkat dorongan tokoh-tokoh Dumai, sahabat serta tim, saya telah menjalani tahapan penjaringan bakal calon Walikota Dumai dengan mendaftar ke Partai Gerindra dan PPP.  Dengan ini saya mohon doa dari masyarakat dan juga support dari dua partai kolaborasi partai Nasionalis dan Islam ini kiranya dapat mempertimbangkan dan kemudian mau mengusung saya sebagai calon Walikota Dumai yang sama sama kita cintai ini," kata Rizal Akbar yang pernah menjadi anggota DPRD Riau (2004-2009) dan Sekretaris Eksekutif Tim Pertimbangan Kajian Kebijakan Gubernur Riau (2003-2008).*

bazm2




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top