Minggu, 25 Februari 2024

Breaking News

  • Pemerintah Harus Waspada dengan Pandemic Treaty   ●   
  • DPRD Kota Pekanbaru Himbau Suplai Kebutuhan Sembako dari Daerah Tetangga hingga Pulau Jawa   ●   
  • Minta Pemerintah Waspadai Perjanjian Pandemic Treaty WHO , Dharma: Ancaman Kedaulatan Negara   ●   
  • Tradisi Malam Nisfu Syaban, Kampung Tanjung Tungga Gelar Yasinan 3 Kali dan Doa Bersama   ●   
  • Pakar Sebut Hak Angket Langkah yang Sangat Tepat, Urgent, Strategis, dan Konstitusional   ●   
Advetorial Pemkab Bengkalis
Mewujudkan Personil Damkar yang Tangguh dan Profesional
Rabu 06 Juni 2018, 10:24 WIB
ist

BENGKALIS, berazamcom - Moto dari semboyan personil Damkar" Pantang pulang sebelum api dipadamkan". Personil Damkar se-Kecamatan Kabupaten Bengkalis yang saat ini berjumlah 177 Personil yang siap siaga membantu Masyarakat.

177 personil Damkar yang ditugaskan 7 lokasi, yakni:

1. Kecamatan Bengkalis, 46 personil
Posko, 0766 23113
2. Kecamatan Bantan, 23 Personil, dan
Posko, 085265816050
3. Kecamatan Rupat, 19 Personil,
Posko, 0761 765 7200
4. Kecamatan Mandau, 28 Personil
Posko, 0765 595113 dan
5. Kecamatan Pinggir, 16 Personil
Posko, 0852 724 00 869
6. Kecamatan Siak Kecil, 18 Personil
Posko, 0813 7208 0113, dan yang terakhir,
7. Kecamatan Bukit Batu, 16 Personil
Posko, 076 639 1899.

Tugas misi yang dilaksanakan sebanyak 177 anggota Personil diantaranya melaksanakan jika terjadi musibah kebakaran, maupun Bencana lainnya.


Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi diIndonesia, termasuk yang terjadi di Kabupaten Bengkalis, telah menyebabkan kerusakan sumber daya hutan dan lahan serta lingkungan.

Dampak yang terjadi berupa kerugian yang berdimensi luas, baik secara ekologi, ekonomi, sosial dan budaya.

Kebakaran hutan dan lahan tersebut tidak hanya merupakan masalah regional dan nasional bahkan telah menjadi masalah internasional dengan adanya polusi asap lintas batas negara.

Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bengkalis dibentuk diantaranya sebagai satu jawaban dari permasalahan kebakaran hutan dan lahan, kebakaran pemukiman dan lainnya yang terjadi di Kabupaten Bengkalis.

Besarnya akan tanggung jawab dan tantangan, sesuai visi ;
Terwujudnya Kabupaten Bengkalis Aman dari Bahaya Kebakaran, dan salah satu misi ; memberikan pelayanan prima di bidang pencegahan dan penyelamatan serta evakuasi dari bahaya kebakaran Gedung / Pemukiman / Hutan dan Lahan, diminta kepada personil Pemadam Kebakaran untuk meningkatkan kualitas secara propesional dan melakukan kerja sama dengan stakeholder lainnya.

Ini merupakan satu wahana informasi bagi masyarakat maupun stakeholders.

Dukungan, partisipasi dan masukan semua pihak sangat dibutuhkan untuk peningkatan kualitas dan kemampuan serta keberhasilan tugas-tugas anggota Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bengkalis.

PROFIL DINAS PEMADAM KEBAKARAN KABUPATEN BENGKALIS

Ucapan terima kasih disampaikan Plt kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bengkalis Bapak Hery Indra Putra, Sekretaris, Bapak Sevnur dan kepala Bidang Pencegahan dan Penyuluhan Pemadam Kebakaran Bapak H.Suparman, S.Sos, dan DONNI SARTIKA.S.Psi.M.Si selaku Kabid operasional sarana prasarana dan penyelamatan pemadam kebakaran, yang telah memberikan dukungan dan saran agar terwujudnya Personil yang tangguh dan Profesional.

Selanjutnya ucapan terima kasih disampaikan kepada teman-teman di Bidang Pencegahan dan Penyuluhan Pemadam Kebakaran serta semua pihak yang telah secara bersama-sama memberikan masukan dan saran dalam berbagai hal.


Tak ada gading yang tak retak, kesempurnaan itu hanyalah milik Allah SWT semata. Kepada semua pihakyang mengetahui dan memahami mengenai Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bengkalis diminta untuk memberikan masukan dan saran demi perbaikan untuk tahun mendatang.

Plt Kepala Dinas Damkar, Herry Indra Putra, menegaskan posisinya sebagai aparat yang mengabdi dan bertugas melayani masyarakat.

Seluruh jajaran pemadam kebakaran wilayah se kecamatan kabupaten Bengkalis, Personil harus bisa menjadi pengabdian terbaik dengan jiwa keikhlasan.

"Damkar bisa lebih mengoptimalkan profesionalisme pelayanan kepada masyarakat. Sebab, agar meningkatkan pelayanan kepada masyarakat tak hanya dilakukan dalam bentuk perlindungan dan penyelamatan, tapi juga memberikan edukasi pemahaman tentang bahaya kebakaran maupun kebencanaan lainnya.

"Kami juga harus siap setiap saat masyarakat membutuhkan, karena kami adalah pelayan masyarakat, bukan dilayani masyarakat," hal itu disampaikan Plt Herry yang saat itu di dampingi Sekretaris, Sevnur Senin, 4/6/18.

Saat ini anggota personil berjumlah 177 , yang ada kurang dari jumlah ideal sesuai kebutuhan. Dan mengenai fasilitas alat perlengkapan personil secara menyeluruh masih mengunakan alat-alat yang lama.

“Personil Damkar harus sigap, selalu waspada dan tangguh dalam menjalankan tugas. Dalam situasi apapun para personil Damkar diharuskan siap melayani masyarakat dimanapaun dan kapanpun diperlukan.

Plt Kepala dinas Damkar, Herry juga menyampaikan agar seluruh personil mempunyai etos kerja sesuai misi Pemerintah yaitu kerja cerdas (taat terhadap prosedur), kerja keras yaitu kerja yang professional, tuntas dalam pengerjaan dan menghasilkan manfaat bagi masyarakat serta kerja ikhlas, kerja yang tidak semata-mata memperhitungkan hasil, tetapi juga dilandasi niat beribadah kepada sesama manusia dan kepada Tuhan.

 “Kedepan, semoga Damkar sebagai bagian Pemerintah Kabupaten Bengkalis mampu terus berkontribusi aktif dalam mewujudkan Bengkalis yang mandiri, berdaya saing menuju masyarakat sejahtera dan berakhlakul karimah, amiin.” pintanya.

Tanggapan Tokoh Masyarakat Bengkalis terhadap kinerja personil dinas damkar, Solihin yang juga aktifis suatu lembaga ini menilai saat ini personil sudah baik namun kita sangat menyayangkan atas fasilitas transformasi dan peralatan yang ada saat ini, sangat minim sekali.

Pasalnya fasilitas peralatan maupun alat transformasi yang digunakan personil sudah sangat tidak layak, namun kita merasa sangat puas dengan pelayanan personil damkar, walaupun, ada beberapa kejadian musibah kebakaran namun pihak personil tidak dapat melakukan pemadaman, namun personil damkar dengan fasilitas yang kurang memadai, namun personil tetap sigap berupaya semaksimal memadamkan api," katanya.

Kepada Pemda Bengkalis, segera mungkin menganggarkan fasilitas maupun alat transformasi yang di butuhkan personil, jika ingin me wujudkan personil yang tangguh dan profesional tidaklah gampang, namun jika fasilitas yang digunakan personil sangat memadai, pada kemungkinan personil damkar Bengkalis tingkat level sama dengan personil damkar daerah lain," pinta Solihin.

menyarankan kepada pemerintah kabupaten Bengkalis, agar segera menganggarkan alat-alat transformasi maupun alat personil.

Mengenai hal alat transformasi personil untuk saat ini kita menilai sangat minim sekali, dikarenakan disaat adanya kebakaran di suatu titik, kadang alat yang digunakan personil tidak memadai, dan kurang maksimal," ucap solihin.

lanjut Solihin, jika tingkat level personil damkar bertaraf dengan daerah lain, pastinya negeri yang berjuluk negeri junjungan ini mengharumkan nama Kabupaten Bengkalis,"tutupnya.

Tanggapan DPRD Bengkalis Terkait,
MEWUJUDKAN PERSONIL DAMKAR YANG TANGGUH DAN PROFESIONAL


Selain mendukung atas meningkatkan PERSONIL Damkar Kab. Bengkalis yang lebih baik wakil ketua DPRD Bengkalus Indra Gunawan, kedepannya untuk melakukan Penambahan Personil, DPRD Bengkalis juga menyarankan Pihak Damkar Bengkalis agar meningkatkan kembali masalah fasilitas transformasi dan peralatan personil damkar.

Saran tersebut dikemukan Indra Gunawan senin (4/6/2018). Menurut Indra, untuk mengatasi kebakaran yang melanda Kab. Bengkalis, beliau menyarankan agar pihak Damkar meningkatkan kembali Personil.

" Kita sangat paham dan memaklumi jika selama ini dalam penanganan
kebakaran belum maksimal dikarenakan kurangnya fasilitas Damkar. Untuk itu, sangatlah tepat jika pemerintah Bengkalis melalui Damkar membentuk dan meningkatkan kembali Damkar, " Kata indra.

Dijelaskan Wakil Ketua DPRD Bengkalis itu, dengan adanya program pemerintah kab Bengkalis sangat mendukung yang melalui dinas damkar yang saat ini masih kekurangan personil mapun fasilitas yang dibutuhkan dinas damkar, kedepannya akan kita upayakan agar menganggarkan untuk tahun berikutnya, "tutur wakil ketua DPRD Bengkalis yang akrab disapa Ngah e'ed.

Sementara itu Politis Partai Golkar itu Juga Berharap kepada Personil damkar agar lebih meningkatkan kembali agar terwujudnya personil yang tangguh dan profesional. Dan kepada masyarakat Bengkalis agar sama-sama saling menjaga, intinya memberikan saran ataupun kritik pada intinya memberikan apresiasi kepada Personil damkar agar lebih baik lagi.

Lanjutnya, bagi masyarakat jangan melakukan pembakaran yang bisa mengakibatkan kebakaran, " berhubung saatkandi musim penghujan, nantinya datang nya musim kemarau. Bengkalis rawan sekali dengan adanya musim kemarau, "tutupnya.(Adv/feri)



Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top