Minggu, 23 Juni 2024

Breaking News

  • Sorotan Publik terhadap Edy Natar Nasution: Kisah Mantan Gubernur Riau yang Membuat Gebrakan Politik   ●   
  • Pertama di Riau, FK Universitas Abdurrab dan KREKI Riau Gelar Seminar dan Workshop Penanganan Kegawatdaruratan   ●   
  • Dinamika Persaingan Calon Gubernur Riau: Antara Spekulasi dan Persaingan Kekuatan Politik   ●   
  • Cegah Jadi Korban Hoaks, KPI Daerah Riau Gelar Literasi Media bagi 100 Mahasiswa di Pekanbaru   ●   
  • Aceh Butuh Kembalikan Kewenangan di Bidang Minerba dan Kemudahan Izin WPR Bukan PP Minerba   ●   
Gubernur Riau Syamsuar dan Isteri Diberi Gelar Adat Kaum Caniago,
Minggu 17 September 2023, 13:05 WIB

Sumbar, berazamcom - Gubenur Riau  Syamsuar dan isteri, hari ini, Sabtu, 16 September 2023, ditabalkan gelar adat sang sako masyarakat Minang. Helat berlangsung di Lubuk Niur, Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar.

Gubernur Riau Syamsuar gelar ada yang diberikan kepadanya sebagai Rajo Nan Sati Alam Batuah, sedangkan isterinya Hj Misnarni sebagai Puti Intan Batuah.

Gelar adat ini berdasar kesepakatan Kaum Caniago Datuk Nan Sakti, dengan pertimbangan bahwa setiap warga negara berhak mendapat gelar atas jasa-jasanya. Gelar adat ini merupakan bagian dari silutarahmi, histiris, dan semangat dalam membangun daerah yang tak lepas dari peran kepala daerah.

"Gelar adat sang sako Rajo Nan Sati Alam Batuah, kepada Pak Syamsuar dan isteri Ibu Misnarni sebagai Puti Intan Batuah, ini berlaku seumur hidup," kata ketua panitia Sekretaris Kaum Suku Caniago saat membacakan SK gelar adat kepada Gubri dan isteri.

Gelar adat kepada Gubernur Syamsuar ini ditandai dengan pemasangan dastar (lacak), pemasangan keris di pinggang kiri bagian depan Gubernur Riau Syamsuar, dan penyerahan tongkat.

Hadir dalam perhelatan ini Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatra Barat, Letkol (Purn) Fauzi Bahar, Gubernur Sumbar yang diwakili Kadis Kebudayaan dan Pariwisata, sejumlah pengurus LKAAM.

Sedangkan dari Riau tampak Ketua MKA LAMR Datuk Seri Marjohan, Ketua DPH LAMR Datuk Seri Taufik Ikram Jamil dan sejumlah pengurus LAMR lainnya. Juga hadir gubernur Riau pada masanya yakni, Saleh Djasit dan Wan Abu Bakar serta sejumlah kepada dinas dan Kabid di jajaran Pemerintah Provinsi Riau.

Pantauan di lapangan, kedatangan Gubri Syamsuar dan isteri serta rombongan disambut dengan tabuit, pantun, seni silat dan tari piring. Ratusan warga setempat yang hadir, begitu melihat orang nomor satu di Riau datang menyambutnya dengan bertepuk tangan.

 

 




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top