Jumat, 12 Juli 2024

Breaking News

  • Maju Pada Kontestasi Pilkada, Pj Bupati Inhil Herman Mengundurkan Diri, Pemprov Usulkan Tiga Nama Pengganti   ●   
  • Dinilai Berhasil Tingkatkan Mutu Pendidikan, Pj Gubri Serahkan Penghargaan kepada Sejumlah Sekolah di Riau   ●   
  • KPU Kabupaten/Kota Diminta Segera Lakukan Koordinasi Terkait Persiapan Tahapan Pencalonan Pilkada 2024   ●   
  • Hanura Usung H Bistamam dan Jhony Charles di Pilkada Rohil 2024   ●   
  • KPU Riau Bahas Tahapan Pencalonan Kepala Daerah 2024   ●   
Pendaftaran Beasiswa dari Baznas Riau 2023 Telah di Buka, Ini Ketentuannya
Kamis 01 Juni 2023, 09:10 WIB

Pekanbaru, berazamcom - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau telah membuka pendaftaran beasiswa sejak 29 Mei 2023 untuk putra putri di Bumi Lancang Kuning.

Program dari Baznas Riau untuk pendidikan ini ada dua jenis yang pertama beasiswa Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS) atau untuk masyarakat tidak mampu dan prestasi. Kedua, bantuan penelitian ziswaf atau bantuan program mahasiswa akhir.

Ketua Baznas Provinsi Riau Masriadi Hasan mengatakan, beasiswa SKSS tersebut berguna untuk mahasiswa yang berada di tingkat S1 (Sarjana). Sedangkan bagi mahasiswa S2 (Magister), dan S3 (Doktor) pada perguruan tinggi diarahkan kepada bantuan penelitian.

Dijelaskan, program dari pihaknya ini bertujuan untuk berkolaborasi bersama Pemerintah Provinsi Riau dalam membantu pendidikan anak-anak di daerah.

“Jadi adanya program ini tujuannya ada hal-hal yang tidak tercover oleh Biro Kesra bisa kita bantu. Karena kita inikan bagian dari mitra pemerintah. Hanya memang ada batasan zakatnya yang di ikat dengan undang-undang, apakah ini sesuai undang-undang zakat atau tidak,” katanya di Pekanbaru, Rabu (31/05/2023) sore seperti dikutip dari mediacenter riau.

Dirinya menjelaskan, dana yang digunakan untuk pemberian bantuan dan beasiswa ini bukan dari anggaran APBD maupun APBN. Melainkan dana pengumpulan zakat dari masyarakat dan pegawai Pemerintah Provinsi Riau.

“Anggaran program kita ini murni dari zakat, termasuk ya zakat dari pegawai Pemerintah Provinsi Riau yang bisa dibilang ini tergolong besar,” jelasnya.

Masriadi mengharapkan, dengan adanya beasiswa dan bantuan terhadap putra putri di Provinsi Riau ini bisa dapat membentuk sumber daya manusia yang berkualitas di masa yang akan datang.

“Diharapkan juga, ini nanti akan berdampak besar kepada Provinsi Riau dengan terdidiknya anak-anak kita di level sudah mapan untuk kehidupan mereka dimasa yang akan datang," pungkasnya.

Adapun ketentuannya untuk Beasiswa Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS) yaitu, beragama Islam, belum ada keluarga inti yang sarjana, diutamakan berasal dari daerah 3 T (Terdepan,Terluar,Tertinggal), berasal dari keluarga tidak mampu.

Kemudian, mahasiswa aktif D4/S1 maksimal semester 2, akreditasi PTN/PTS minimal B, mengisi form pendaftaran & menyerahkan berkas pendaftaran dan mengikuti semua sosial media Baznas Provinsi Riau.

Sedangkan, bantuan penelitian ziswaf Baznas Riau ketentuan umumya beragama Islam, sedang menyusun tugas akhir, penelitian tentang zakat, infak, sedekah dan judul penelitian sudahh arus di setujui. Lalu, berasal dari PTN/PTS yang terakreditasi, mengisi form pendaftaran dan menyerahkan berkas pendaftaran, dan mengikuti semua sosial media Baznas Provinsi Riau.

Untuk tahapan seleksi, Baznas Riau menetapkan pendaftaran mulai dari 29 Mei hingga 12 Juni setelah itu masuk di fase verifikasi data pada tanggal 13 - 15 Juni. Penguman lulus administrasi 16 Juni 2023.

Setelah adanya lulus administrasi, mahasiswa dilanjutkan untuk tes ujian akademisi dan wawancara 20-22 Juni. Barulah final dari pengumuman kelulusan di tanggal 26 Juni 2023.


enter Riau/bib)




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top