Minggu, 25 Februari 2024

Breaking News

  • Pemerintah Harus Waspada dengan Pandemic Treaty   ●   
  • DPRD Kota Pekanbaru Himbau Suplai Kebutuhan Sembako dari Daerah Tetangga hingga Pulau Jawa   ●   
  • Minta Pemerintah Waspadai Perjanjian Pandemic Treaty WHO , Dharma: Ancaman Kedaulatan Negara   ●   
  • Tradisi Malam Nisfu Syaban, Kampung Tanjung Tungga Gelar Yasinan 3 Kali dan Doa Bersama   ●   
  • Pakar Sebut Hak Angket Langkah yang Sangat Tepat, Urgent, Strategis, dan Konstitusional   ●   
Hingga Sekarang KIP Kabupaten Inhu Masih Yang Terbaik
Minggu 15 Desember 2019, 10:24 WIB
Kepala Diskominfo Inhu terima plakat dari tim KI Riau

SISTIM keterbukaan informasi publik bukanlah hal yang tabu lagi, tapi saat ini sudah menjadi kewajiban bagi penyelengara pemerintahan untuk menerapkan sistim tersebut agar publik bisa mengetahui langsung proses penyelengaraan pemerintahan yang bersih dan akuntabel.

Sementara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hulu (Inhu), dibawah kepemimpinan Bupati Inhu, H Yopi Arianto, SE melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Inhu sejak awal terbentuk telah bekerja keras dan maksimal dalam melaksanakan tuntutan tugas sesuai aturan yang berlaku.

Kerja keras itu tidak lah sia-sia, buktinya, sejak tahun 2014, 2016, 2017 hingga 2018 (tahun 2015, penilaian ini ditiadakan) Pemkab Inhu berhasil meraih penghargaan dari Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau sebagai juara pertama Badan Publik kategori Pemerintahan Kabupaten/Kota se Riau.

Atas prestasi yang membanggakan Pemkab Inhu dan masyarakat ini, Bupati Inhu, H Yopi Arianto, SE mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu, mendukung serta berperan aktif, sehingga prestasi ini dapat dipertahankan dari tahun ketahun.

Alur permintaan informasi pada PPIM Inhu

Menurut Bupati, penghargaan ini merupakan buah dari keterbukaan informasi publik yang telah dilakukan oleh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Inhu dan diharapkan dapat memacu serta memicu semangat bagi perangkat daerah yang keterbukaan informasi publiknya dinilai masih kurang maksimal.

Bupati yang dikenal sangat dekat dengan rakyatnya ini juga berpesan kepada seluruh OPD dilingkungan Pemkab Inhu kedepannya harus selalu berupaya memberikan akses informasi dengan mengacu pada aturan yang berlaku.

Alur permintaan informasi pada PPIM Inhu

"Terus pertahankan prestasi ini, bila perlu ditingkatkan agar kedepan menjadi lebih baik lagi," ucap Bupati yang dikenal ramah ini.

Sementara, Kepala Diskominfo Inhu, Jawalter MPd ketika ditemui diruang kerjanya, Jumat lalu mengatakan, keberhasilan Pemkab Inhu melalui Diskominfo dalam menerapkan sistim Keterbukaan Informasi Publik (KIP) tidak terlepas dari upaya dan kerja keras seluruh tim yang ada pada Diskominfo Inhu.

Tidak heran jika sampai saat ini Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Inhu masih menjadi urutan terbaik ditingkat Provinsi Riau dan Inhu dinilai masih sangat peduli dengan pelayanan publik.

Alur permintaan informasi pada PPIM Inhu

Dikatakan, saat ini pihaknya terus berupaya untuk membangun PPID hingga pada tingkat desa. Bertujuan agar desa juga berani memberikan informasi kepada publik atas pengelolaan dana desa atau lainnya, sehingga masyarakat bisa langsung mengetahui sebagai upaya mengurangi konflik.

Menurutnya, semua sistem bisa berjalan karena dukungan maksimal ini langsung diberikan oleh pimpinan tertinggi di Inhu, Bupati Inhu H Yopi Arianto SE dan diharapkan kedepan pihak KI pusat atau KI Provinsi Riau lebih meningkatkan pembinaan kepada Kabupaten Inhu, terutama terkait PPID untuk desa.

Salah satu kunci keberhasilan Diskominfo Inhu tersebut tidak hanya dari segi Sumber Daya Manusia (SDM) semata, tapi kesiapan sarana prasarana, fasilitas penunjang juga sangat menentukan.

Untuk itu, Diskominfo secara rutin melakukan inventarisir peralatan serta kebutuhan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) keseluruh Organisasi Perangka Daerah (OPD) dilingkup Pemkab Inhu serta 14 Kecamatan yang ada di Inhu.

Sebelum melakukan kegiatan inventarisir, Diskominfo Inhu terlebih dahulu mengirimkan surat ke masing-masing OPD untuk mengisi data peralatan TIK. Surat yang sudah kirimkan ke OPD ditindak lanjuti dengan survey langsung ke masing-masing OPD untuk melihat data aslinya dilapangan.

Adapun data-data yang disurvey pada kegiatan invetrasir TIK ini adalah kapasitas jaringan internet, website dan sosial media resmi opd, aplikasi dan operator pengelola TIK dimasing-masing OPD tersebut. melalui kegiatan ini diharapkan bisa memetakan sarana dan prasarana TIK di maisng-masing OPD untuk kepentingan pengembangan dan kemajuan penerapan E-Government kedepannya (adv Diskominfo Inhu)



Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top