Senin, 25 Maret 2019 Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan - Indeks Berita
 
OPINI
Ratih Zahratul Jannah
Dampak Dari Permasalahan Asap Akibat Kebakaran Hutan
Oleh Eka Putra
Kompetensi Memisahkan Kita dari Wartawan Abal-abal
Ini Catatan Pergantian Tahun PWI
Oleh : Rocky Ramadani
Menghilangkan Praktik Money Politik Dengan Pendekatan Kultural
Oleh : Muhammad Rudy Tanjung
Poros Pemuda dan Partai Politik Dalam Mencapai Kesejahteraan Sosial
Oleh: Abdul Somad, Lc. MA
Syair Datuk Seri Ulama Setia Negara
Catatan: H Dheni Kurnia
Dari Raja Minangkabau Sampai ke Sri Indrapura
Oleh:Yanto Budiman
Apa Kabar RTRWP Riau?
 
Ratih Zahratul Jannah
Dampak Dari Permasalahan Asap Akibat Kebakaran Hutan
Minggu, 30-12-2018 - 07:28:05 WIB

Masalah asap akibat kebakaran hutan di Indonesia adalah masalah yang masih memperhiatinkan.

Hampir setiap musim kemarau di Indonesia pada beberapa decade trakhir ini sering mengalami kebakaran, khususnya di beberapa wilayah yaitu Jambi, Riau, Sumatera dan Kalimantan.

Penyebab dari masalah kebakaran hutan bisa disebabkan karna faktor alami dan faktor kegiatan manusia yang tidak terkontrol seperti adanya kesalahan sistemik dalam pengelolaan hutan secara nasional.

Dalam praktik konservasi lahan, penyiapan atau pembersihan atau pembukaan lahan oleh perusahaan dilakukan dengan cara membakar.

Tidak itu saja, penyebab kebakaran hutan banyak diakibatkan dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, misalnya ketidaksengajaan membuang puntung rokok dengan sembarangan, membuka lahan baru dengan cara membakar dikarenakan alasan faktor ekonomi, yang mana dengan cara membakar lebih murah dan lain sebagainya.

Masalah asap akibat kebakaran hutan ini tentunya memiliki dampak yang tidak baik untuk negara khususnya masayarakat.

Banyak dampak buruk yang akan dialami oleh masyarakat akibat kebakaran hutan ini, seperti timbulnya penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) bagi masyarakat, berkurangnya efesiensi kerja karena saat terjadi kebakaran hutan dalam skala besar instirusi pendidikan dan perkantoran akan diliburkan, terganggunya transportasi di darat, laut maupun udara, kebakaran hutan menghancurkan berbagai habitat satwa serta pohon-pohon dalam hutan, terjadi erosi dan yang membahayakan timbulnya persoalan internasional.

Asap dari kebakaran hutan tersebut menimbulkan kerugian materiil dan imateriil pada masyarakat setempat dan sering kali menyebabkan pencemaran asap lintas batas transboundary haze pollution) ke wilayah negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura.

Indonesia memilki beragam undang-undang mengenai lingkungan seperti Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan, Undang Undang RI Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup serta PP No 45/2004 tentang Perlindungan Hutan melarang dengan tegas pembakaran hutan.

Namun berbagai undang-undang ini jarang ditegakkan, bahkan hampir tidak ada tindakan resmi yang diambil untuk menghukum oknum-oknum yang terlibat dalam pembakaran hutan.

Walaupun demikian sudah seharusnya kita menyadari akan penting memelihara hutan yang ada disekitar kita seperti tidak membakar sembarangan, tidak membuang puntung rokok sembarangan yang dapat mengakibatkan kebakaran hutan karena hutan memiliki potensi yang sangat besar untuk manusia dalam memenuhi kebutuhan seperti bahan makanan, obat-obatan serta, oksigen serta pengatur tata air dan pencegah terjadinya erosi.


Ratih Zahratul Jannah
UIN Jakarta








 
Galeri Foto - Advertorial - Pariwara
Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
© 2017 berazam, all rights reserved