Minggu, 17 Februari 2019 Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan - Indeks Berita
 
Oleh Fakhrunnas MA Jabbar
RAPP dan Komitmen Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan

Rabu, 05-12-2018 - 07:05:41 WIB

 
Fakhrunnas MA Jabbar

TERKAIT:
 
  • RAPP dan Komitmen Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan
  •  

    Kiprah PT RAPP sejak beroperasi hingga saat ini menunjukkan tren yang positif bagi kepentingan masyarakat Riau khususnya yang berada di wilayah operasional perusahaan yang berbasis di Pangkalan Kerinci kabupaten Pelalawan.

    Selain komitmen nya dalam membantu masyarakat dalam bidang sosial,  lingkungan maupun budaya, perusahaan ini juga setiap tahunnya berkomitmen dalam mengimplementasikan sejumlah program-program pemberdayaan ekonomi kerakyatan yang menyentuh masyarakat sekitar.

    Salah satu nya mengembangkan produk unggulan lokal dengan menyiapkan anggaran  sebesar Rp 15 Miliar setiap tahun.

     Dari data yang diperoleh, untuk program permberdayaan ekonomi lokal ini mulai dari pertanian inti, kemudian pengembangan "One Village One" komoditi, hingga membantu memfasilitasi pemasaran produk.

    Seiring perjalanannya, saat ini PT RAPP telah sukses memberdayakan 172 program yang berkaitan langsung dengan perusahaan. Mulai dari memberikan fasilitas akses permodalan kepada mitra usaha penyedia jasa bus, yang ditujukan bagi jasa angkutan karyawan PT RAPP dalam online.

    Selain itu ada juga 76 program lainnya berupa off line yang fokus pada pemberdayaan produk unggulan yang ditujukan bagi masyarakat yang bermukim di kampung-kampung, sekitar tempat perusahaan beroperasi dengan membagi komoditas tertentu.

    Misalnya ada satu kampung yang fokus memproduksi nanas, ikan wajang dari sungai kampar, dan ada juga yang fokus memproduksi padi atau sagu. Semua  tergantung dari kebutuhan dan keinginan dari masyarakat.

    Ditinjau dari aspek pemberdayaan masyarakat, program ini tentu sangat penting untuk memudahkan serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang mungkin selama ini tidak mendapatkan perhatian serius dari pemangku kepentingan. Dan PT RAPP merespon kesulitan masyarakat ini dengan baik.

    Apalagi dari informasi yang ada, tahun 2018 ini PT RAPP memfokuskan diri untuk mengembangkan program pemberdayaan masyarakat secara off line: hilirisasi produk serta solusi pemasaran.

    Contoh, ada satu kampung yang membudidayakan ikan wajang, akan diuji coba dengan membuat frestonya. Kemudian kelompok ibu-ibu yang sudah memanen nenas akan diolah dengan beragam sajian seperti kerupuk nenas.

    Lewat program ini diharapkan produk-produk unggulan tersebut, dapat menjadi produk buah tangan atau oleh-oleh unggulan khas Kabupaten Pelelawan. Bahkan bisa saja dijadikan sebagai ikon kuliner Provinsi Riau.

    Masyarakat Riau khususnya Pemerintah kabupaten Pelalawan tentunya bersyukur dan patut memberi apresiasi yang tinggi terhadap komitmen serta kepedulian PT RAPP ini. Masyarakat yang tadinya mengalami kesulitan mengembangkan produk dan memasarkan produknya, kini perlahan-lahan tapi pasti bisa keluar dari kesulitan tersebut.

    Kita juga tetap berharap, komitmen serta kepedulian sosial ini terus berlanjut. Dan tidak hanya semata tanggung jawab dari PT RAPP, tapi juga semua stakeholder yang ada, termasuk Pemerintah kabupaten Pelalawan. Kiranya komitmen RAPP ini dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain yang ada di Riau dan khususnya yang beroperasi di Pelalawan. Semoga..!*



     
    Berita Lainnya :
  • RAPP dan Komitmen Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan
  •  

    Komentar Anda :

     
     
     
     
    Pilihan Redaksi
    Uninstall Bukalapak: Wajah Brutal Masyarakat dan Politikus
    SDN 018 Koto Taluk Diresmikan, Bupati: 2019 Ada Tambahan Paving Block
    Tarekat Pilihan Abdul Somad: Sejarah & Kecenderungan Politiknya
    Prediksi Barcelona vs Real Valladolid, Tes & Rotasi Sebelum Lyon?
    Unri Buka Tiga Jalur Masuk Perguruan Tinggi
     
     
     
    Galeri Foto - Advertorial - Pariwara
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2017 berazam, all rights reserved