Rabu, 19 Desember 2018 Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan - Indeks Berita
 
Bupati Irwan Gelar Pertemuan Lanjut dengan Petinggi UGM, Ini yang Dibahas

Minggu, 11-03-2018 - 15:00:20 WIB

 
ist


TERKAIT:
 
  • Bupati Irwan Gelar Pertemuan Lanjut dengan Petinggi UGM, Ini yang Dibahas
  •  

    Yogyakarta, Berazamcom - Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi kembali menggelar pertemuan dengan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) di Yogyakarta pada Jumat (9/3/2018) kemarin.

    Pertemuan itu membahas kerjasama pengelolaan Gambut berkelanjutan antara Bupati dengan UGM, sebagai tindak lanjut rapat Pokja Gambut Pulau Padang beberapa waktu lalu.

    Hal terkait apa saja yang akan dikerjakan oleh tim Restorasi Gambut UGM dalam menyelesaikan permasalahan Gambut di Meranti. Begitu juga sejumlah permasalahan lainnya yang bermuara pada revitalisasi ekonomi masyarakat.

    Revitalisasi ekonomi yang dimaksud meliputi, keterbatasan sumber mata pencaharian, permodalan usaha, pemasaran produk, hingga lingkungan.

    Disampaikan Rektor UGM Prof Ir Panut Mulyono, pihaknya melalui tim Restorasi Gambut yang dibentuk telah melakukan pra survei, dan memperoleh gambaran model penanganan lahan gambut. Meski begitu untuk mendapatkan data yang benar-benar valid, diakui Rektor UGM, masih perlu didiskusikan dengan dinas teknis terkait dilingkungan Pemkab Meranti.

    "Kami melihat bahwa permasalahan di Meranti tidak hanya berupa permasalahan Gambut saja, tetapi sudah multi dimensi. Seperti mencakup aspek mata pencaharian, modal sosial, market, dan infrastruktur," ujar Ketua tim Restorasi Gambut dari UGM.

    Tim Restorasi Gambut UGM sendiri menyarankan agar Meranti dapat dukungan pembangunan infrastruktur yang harus dimulai dengan menata daerah pinggiran.

    Bupati Irwan juga mengutarakan hal serupa. Diakuinya, perlu intervensi pemerintah pusat dalam mendukung pembangunan infrastruktur sebagai pendukung pengelolaan restorasi gambut, pengembangan potensi sumber daya alam (SDA), disektor perkebunan, tanaman pangan dan hortikultura, peternakan dan perikanan.

    "Hingga kini pembangunan di Kepulauan Meranti mayoritas masih menggunakan dana APBD kabupaten. Padahal Meranti dalam bingkai NKRI, termasuk daerah terluar dan sebagai Lokpri (lokasi prioritas). Sudah selayaknya lebih diperhatikan oleh pusat dengan memberikan alokasi dana lebih besar," ujarnya.

    Irwan menaruh harapan besar sekiranya Meranti menjadi daerah yang maju, dengan segala potensinya tergaraf dengan maksimal, terlebih potensi SDA.*

    []bazm-9/rls



     
    Berita Lainnya :
  • Bupati Irwan Gelar Pertemuan Lanjut dengan Petinggi UGM, Ini yang Dibahas
  •  

    Komentar Anda :

     
     
     
     
    Pilihan Redaksi
    Walaupun Kehilangan Gekar Adat, Ternyata Syarwan Hamid Masih Banyak Memiliki Gelar
    Pengembalian Gelar Adat Syarwan Hamid Tak Dihadiri Petinggi LAM Riau
    Bawaslu Pekanbaru Turunkan 11 Baliho Caleg
    ACT Segera Kirimkan Tim Kemanusiaan Untuk Uighur
    Warung Pojok Bersubsidi, Cara Bemi Hendrias Tarik Simpati Masyarakat
     
     
     
    Galeri Foto - Advertorial - Pariwara
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2017 berazam, all rights reserved