Rabu, 19 Desember 2018 Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan - Indeks Berita
 
Pemda Bengkalis: Soal Peraturan Dikarenakan Ada Sebab

Selasa, 13-03-2018 - 11:24:04 WIB

 



TERKAIT:
 
  • Pemda Bengkalis: Soal Peraturan Dikarenakan Ada Sebab
  •  

    BENGKALIS, berazamcom - Terkait adanya alokasi dana desa tunda bayar 2017 masih hangat di bicarakan di kalangan masyarakat Bengkalis, setelah adanya pembayaran tunda bayar Proyek TA 2017, kini muncul tunda bayar ADD di pembahasan APBD P 2018.

    Pasalnya sampai saat ini pemerintah Kab Bengkalis belum bisa memberikan keterangan lebih jelas kepada publik, terkait diberlakukannya peraturan surat yang dikeluarkan oleh Dinas DPMD Kab Bengkalis no 412.2/DPMD-PEMDES/170, pada poin ke 4 yang bunyinya,"Peraturan Bupati Bengkalis tentang perubahan Kedua atas peraturan Bupati Bengkalis no 5 tahun 2017, tentang pengalokasian Alokasi Dana Desa dalam wilayah Kab Bengkalis TA 2017, pada pasal 6A, Ayat 4 : "Tunda bayar Alokasi Dana Desa TA 2017, sebagaimana dimaksud pada Ayat 3, dibayarkan pada Tahun Anggaran 2018 setelah tunda bayar Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah(APBD) Kab Bengkalis 2018.

    "Tahun Anggaran 2017 disalurkan oleh pemerintah pusat dari Rekening Kas Umum Negara ke Rekening Kas Umum Daerah Kab Bengkalis. Peraturan Bupati ini ditetapkan, pada tanggal 23 Desember 2017, oleh Bupati Bengkalis Amril Mukminin.

    Dari surat ini jelas DPMD akan membayar tunda bayar ADD tahun 2017 di APBD perubahan 2018. Sementara Peraturan Bupati Bengkalis nomor 98 tahun 2017 pada pasal 6A ayat (4) berbunyi "tunda bayar alokasi dana desa tahun 2017 sebagai mana di maksud pada ayat 3 di bayar pada tahun 2018 setelah tunda bayar APBD Kabupaten Bengkalis tahun 2017 di salurkan oleh Pemerintah pusat ke rekening kas umum negara ke rekening kas umum Kabupaten Bengkalis.

    Mencermati masalah ini Ketua LSM Merapu Syofyan mengomentari tentang Peraturan Bupati Bengkalis Nomor 98 tahun 2018, yakni kalau dilihat dari surat DPMD tunda bayar alokasi dana desa di bayar di APBD Perubahan tahun 2018.

    Sementara bunyi dari Perbup nomor 98 tahun 2018 alokasi dana desa di bayar di APBD murni di triwulan pertama setelah tunda bayar.

    Lanjut Syofyan, menurut pandangan saya ada kekeliruan DPMD dalam menulis surat tersebut. Surat yang beracuan dari Perbup no 98 tahun 2017 malah bertolak belakang dengan isi dari Perbub no 98 tahun 2017.

    Jadi kami berharap DPMD agar jeli dalam mengambil keputusan. Jangan memutar balik fakta, Jika ADD belum bisa di bayar sekarang karena keterbatasan dana di Pemkab Bengkalis terus terang sajalah, Jangan membuat alasan yang tidak jelas, "tutupnya.

    Komfirmasi awak media ke DPMD Bengkalis, Selasa 13 maret 2018 dengan Kepala Dinas melalui kasubag Pemdes DPMD, Bu Basmah diruang kerjanya  mengatakan, pada dasarnya tunda bayar tahun 2017 disebabkan uang dari pusat lambat masuk ke kas daerah Kabupaten Bengkalis. Adapun dana yang masuk ke kas daerah tidak cukup untuk di bayar.

    Namun tidak menutup kemungkinan di bayar jika dana kas daerah ada. Basmah mengharapkan kepada kepala desa untuk segera menyiapkan berkas agar jika dana sudah ada bisa di cairkan segera, "tuturnya.

    Dipertanyakan aturan manakah DPMD Kabupaten Bengkalis mengeluarkan surat edaran tersebut, Basmah menjawab berbelat belit, Peraturan bupati sedang direvisi dikarenakan mendadak, " tutupnya dengan singkat.

    Dikomfirmasi Kepala BPKAD Kab Bengkalis Aulia, sudah berulang-ulang mencoba untuk dijumpai tidak berada dikantor, sampai berita ini diterbitkan Selasa, 13/3/18.

    Mul(35) Masyarakat Desa Wonosari mengharapkan kepada DPMD dan Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk memprioritaskan pencairan dana desa. Jika ini tidak di utamakan perekonimian masyarakat semakin terpuruk dan kegiatan desa akan lumpuh.*

    []bazm-7



     
    Berita Lainnya :
  • Pemda Bengkalis: Soal Peraturan Dikarenakan Ada Sebab
  •  

    Komentar Anda :

     
     
     
     
    Pilihan Redaksi
    Walaupun Kehilangan Gekar Adat, Ternyata Syarwan Hamid Masih Banyak Memiliki Gelar
    Pengembalian Gelar Adat Syarwan Hamid Tak Dihadiri Petinggi LAM Riau
    Bawaslu Pekanbaru Turunkan 11 Baliho Caleg
    ACT Segera Kirimkan Tim Kemanusiaan Untuk Uighur
    Warung Pojok Bersubsidi, Cara Bemi Hendrias Tarik Simpati Masyarakat
     
     
     
    Galeri Foto - Advertorial - Pariwara
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2017 berazam, all rights reserved