Rabu, 23 Oktober 2019 Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan - Indeks Berita
 
Puskesmas Bengkalis Taja Sosialisasi Pentingnya Menggunakan Obat

Senin, 07-10-2019 - 08:00:13 WIB

 
ist


TERKAIT:
 
  • Puskesmas Bengkalis Taja Sosialisasi Pentingnya Menggunakan Obat
  •  

    BENGKALIS, berazamcom - Untuk mengoptimalkan dukungan masyarakat cerdas dan cermat gunakan obat, Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis bersama UPT Puskesmas Bengkalis kembali melakukan kegiatan Sosialisasi.

    Sosialisasi yang dimaksud adalah Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMa CerMat) melalui tema pentingnya Tanya Lima O sebelum menggunakan obat.

    Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan, Sabtu siang, 5 Oktober 2019 di Gedung Al-Farabi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis (STAIN), Diikuti oleh 70 orang Mahasiswa/i terdiri dari berbagai jurusan.

    Selama kegiatan peserta mendapatkan materi tentang pemahaman GeMa CerMat, Edukasi GeMa Cermat, Peran Tenaga Farmasi sebagai Agent Of Change serta Pentingnya Tanya Lima O termasuk Dasar Pelaksanaan GeMa CerMat dengan Instruksi Bupati Bengkalis Nomor 243 Tahun 2019 tentang Percepatan Pelaksanaan Program Gema Cermat di Kabupaten Bengkalis.

    Plt. Kepala Puskesmas selaku ketua penyelenggara, Saipul Aula mengatakan untuk mendobrak dan menggalang dukungan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat Sangat dibutuhkan kerjasama lintas sektor dan program semua elemen di masyarakat secara bersama termasuk Perguruan Tinggi (PT) di Kabupaten Bengkalis.

    "Tujuan dilaksanakan kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan kemandirian dan perubahan perilaku masyarakat dalam memiliki, mendapatkan, menggunakan, menyimpan dan membuang obat secara benar dan meningkatkan penggunaan obat secara rasional," kata Saipul.

    Kepala Seksi Kefarmasian dan Perbelakan Dinas Kesehatan Kabupatan Bengkalis Edi Sudarto mengtakan penggunaan obat merupakan salah satu bagian yang tidak terpisahkan dalam upaya menjaga kesehatan dan penyembuhan.

    "Kita harus tetap memperhatikan penggunaan obat, salah satu kesalahan penggunaan obat seperti menggunakan dosis tidak tepat, justru akan menimbulkan masalah baru, penggunaan antibiotik yang tidak bijak juga akan menimbulkan kekebalan atau resisten antimikroba." tuturnya.

    Edi menjelaskan untuk penyebaran informasi masyarakat cerdas gunakan obat akan mempromosikan memiliki Tagline "Tanya Lima O GeMa CerMat", diharapkan kedepan masyarakat dapat memperoleh informasi yang jelas dan akan lebih aktif lagi mencari informasi tentang penggunaan obat.

    "Tagline Tanya Lima O GeMa CerMat merupakan 5 (Lima) pertanyaan minimal yang harus terjawab sebelum menggunakan obat, yakni Obat ini apa nama dan kandungan, Obat ini apa khasiatnya, Obat ini berapa dosisnya, bagaimana cara menggunakan Obat ini, dan terakhir apa efek dari Obat ini," kata Edi.

    Edi berharap kepada seluruh peserta Sosialisasi Gema Cermat ini mampu menjadikan motivator dan penggerakan dalam memberikan edukasi dan menyebarkan informasi tentang penggunaan obat yang rasional dan benar baik di lingkungan Kampus, keluarga dan masyarakat dan juga menyukseskan Program GeMa CerMat

    Sementara itu Ketua STAIN Bengkalis yang diwakili Kasubbag AUK STAIN Bengkalis, Edi Purnomo menyambut baik sosialisasi yang digelar oleh UPT Puskesmas Bengkalis dan Dinas kesehatan, kedepan diharapkan mampu memberikan pemahaman terhadap mahasiswa/i tentang penggunaan obat yang benar dan rasional.

    "Besar harapan kami kegiatan seperti ini dapat berlanjut dan dapat bekerjasama dengan masyarakat sehingga penggunaan obat dapat dilakukan dengan benar," harap Edi.

    Turut hadir Civitas STAIN Bengkalis, Plt. Kepala UPT Puskesmas Bengkalis, Perwakilan Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Bengkalis (IAI), serta Perwakilan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI).*

    []bazm-7



     
    Berita Lainnya :
  • Puskesmas Bengkalis Taja Sosialisasi Pentingnya Menggunakan Obat
  •  

    Komentar Anda :