Rabu, 23 Oktober 2019 Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan - Indeks Berita
 
Riau Kembali Diserang Kebakaran Hutan, Warga Was-Was

Senin, 07-10-2019 - 14:28:46 WIB

 
ilustrasi


TERKAIT:
 
  • Riau Kembali Diserang Kebakaran Hutan, Warga Was-Was
  •  

    PEKANBARU, berazamcom - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali menlanda sejumlah daerah di Riau. Sebelumnya, Riau dalam beberapa hari ini 'bebas' asap.

    Untuk penanggulangan kebakaran, Satgas Karhuta Riau mengerahkan dua unit helikopter. Dua helikopter tersebut melakukan operasi water (bom air) di dua wilayah yakni Pekanbaru dan Kabupaten Kampar.

    "Hari ini kita mengerahkan dua helikopter untuk penanggulangan kebakaran," kata Wakil Komandan Satgas Karhutla Riau, Edwar Sanger kepada wartawan Senin (7/10/2019).

    Helikopter tersebut melakukan operasi water bombing di daerah Tambang Kabupaten Kampar dan di Jalan Riau Ujung Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru. Selain pemadaman via udara, sejumlah personel gabungan Satgas Darat Penanggulangan Karhutla juga berjibaku melakukan pemadaman.

    "Tim udara dan darat masih terus bekerja agar kebakaran tidak meluas," imbuh Edwar, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau.

    Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru mencatat hari ini terdeteksi 28 titik panas (hot spot) di Riau. Titik panas tersebar di sembilan wilayah di Bumi Lancang Kuning.

    "Titik panas terbayak ditemukan di Kabupaten Pelalawan dengan jumlah tujuh titik dan Kabupaten Inhu dengan jumlah enam titik,"ucap Mia Vadila, Prakirawan BMKG Pekanbaru.

    Selain itu titk panas lainnya tersebar di Kabupaten Bengkalis empat titik, Kampar tiga titik. Kabupaten Rohil Inhil dan Pekanbaru masing masing dua titik. Kabupaten Siak dan Kuansing masing masing 1 titik.

    "Kondisi udara Pekanbaru kabur. Artinya partikel uap air tercampur oleh asap. Dilihat dari adanya titik panas yang terdeteksi di daerah Pekanbaru," imbuhnya

    Sementara itu, Unik Susanti warga Datuk Tunggul Kecamatan Panam Pekanbaru mengaku khawatir dengan kondisi kebakaran yang mulai terjadi lagi.

    "Bau asap sangat terasa pagi tadi. Kita khawatir karena baru seminggu ini merasakan udara segar, tapi sekarang asap sudah mulai muncul lagi," ketusnya.*

    []bazm-13
    sumber: okezone.com



     
    Berita Lainnya :
  • Riau Kembali Diserang Kebakaran Hutan, Warga Was-Was
  •  

    Komentar Anda :