Rabu, 11 Desember 2019 Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan - Indeks Berita
 
OJK Gelar Media Gathering dengan Wartawan Pekanbaru

Jumat, 29-11-2019 - 12:36:55 WIB

 
Media Gathering OJK Riau diisi dengan diskudi

TERKAIT:
 
  • OJK Gelar Media Gathering dengan Wartawan Pekanbaru
  •  

    PEKANBARU, berazamcom - Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Riau menggelar media gathering bersama sejumlah wartawan di salah satu hotel di Kota Pekanbaru, Jumat (29/11/2019).

    Kepala OJK Riau, Yusri diwakili Elvira Azwan, Deputi Direktur pengawasan OJK Riau mengungkapkan, kegiatan media gathering ini dilakukan untuk menjalin silaturahmi dengan media.

    Sebab, katanya, peran media sangat penting untuk membentuk opini di masyarakat. Termasuk menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait tugas OJK.

    "Kami sangat sadar perlunya sinergi positif antara OJK dengan media dalam menjalankan tugas dengan baik. Media diharapkan bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi OJK," paparnya.

    Dia juga mengaku OJK sangat terbantu oleh media selama ini dalam menjalankan tugas pengawasan dan edukasi di Riau.

    "Kami juga selalu terbuka menerima saran dan kritik untuk memperbaiki diri dalam menjalankan tugas demi terwujudnya OJK yang dirindukan masyarakat," paparnya lebih jauh.

    Dalam kesempatan ini, juga digelar tanya jawab yang berjalan santai dan informatif. Narasumber berasal dari OJK sendiri, yakni Erwin Setiadi Kasubbag Investasi Perlindungan Konsumen OJK Riau dan Rangga Sadoza dari BroSisPKU.

    Erwin dalam pemaparannya menjelaskan tugas dan fungsi OJK. Salah satu adalah mengatur dan mengawasi industri jasa keuangan secara terintegrasi.

    "Jasa keuangan yakni perbankan, asuransi, lembaga pembiayaan, pegadaian, dana pensiun, pasar modal, lembaga keuangan mikro, dan Fintech pinjaman online. Fungsi lainnya adalah perlindungan terhadap seluruh konsumen dari jasa keuangan yang diawasi OJK," jelasnya.

    Sedangkan dalam fungsi, OJK menjalankan dengan dua pendekatan, yakni preventif dan represif. Preventif diantaranya memberi edukasi, Market intelligence, dan Thematic Surveillance.

    "Sedangkan aksi Represif, bila ada masyarakat yang dirugikan dan melapor maka OJK memfasilitasi sengketa," tambahnya.

    Masih kata Erwin, OJK juga akomodir laporan korban investasi ilegal. Tapi wewenang OJK hanya menerima laporan dan tidak bisa menindak.

    "Ada otoritas lain yang berwenang dalam lembaga Satgas Waspada Investasi. OJK tergabung dalam Satgas ini bersama 13 lembaga lainnya," katanya lagi.

    Sementara Rangga Sadoza dari BroSisPKU memaparkan soal Instagram Secret. Cara kelola akun Instagram untuk jadi sumber pendapatan.

    Contohnya seperti BroSisPKU, akun media sosial Instagram yang tidak hanya memberikan informasi kuliner dan wisata di Pekanbaru, tapi juga menawarkan potongan harga di rumah makan, kafe, restoran, tempat bermain, klinik kesehatan, dan lainnya.

    Rangga mengatakan, BroSisPKU​ hadir secara resmi sejak tanggal 5 Oktober 2014 lalu.

    “Kita mulai dari akun Instagram, yang dimulai dari 5 Oktober 2014. Kita coba buat konten, kita tampil secara kreatif. Itu yang membuat orang mudah kenal dan dekat dengan BroSisPKU," katanya.

    Katanya lagi, BroSisPKU​ ditangani beberapa orang pengelola, kemudian terus berkembang hingga saat ini.

    Media gathering ini juga diramaikan dengan beberapa rangkaian kegiatan seru lainnya, termasuk pembagian doorprize, foto bersama, dan santap makan siang bersama.*

    []bazm-7



     
    Berita Lainnya :
  • OJK Gelar Media Gathering dengan Wartawan Pekanbaru
  •  

    Komentar Anda :