Sabtu, 20 April 2019 Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan - Indeks Berita
 
Pemko Pekanbaru Sukses Laksanakan HUT Damkar, Satpol PP dan Linmas

Rabu, 06-03-2019 - 20:20:25 WIB

 



TERKAIT:
 
  • Pemko Pekanbaru Sukses Laksanakan HUT Damkar, Satpol PP dan Linmas
  •  

    PAKANBARU - Peringatan Hari Ulang Tahun gabungan yaitu Pemadan Kebakaran  (Damkar) ke 100, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke 69 dan (Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke 57 yang dipusatkan di Stadion Kaharuddin Nasution, Rumbai,Pekanbaru tampil begitu semarak penuh semangat dari masing-masing kesatuan.

    Hadir sebagai inspektur upacara Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo beserta rombongan, Gubernur Riau, Bupati/Walikota, dan unsur Forum Pimpinan Komunikasi Daerah (Forkopimda) serta ribuan personil dari kesatuan dan masyarakat umum yang berdatangan.

    Acara dimulai prosesi upacara yang berlangsung khidmat, kemudian Mendagri, Tjahjo Kumolo memberikan kata sambutan serta pidato singkat mengenai HUT Nasional Damkar ke 100, Satpol PP ke 69 dan Linmas ke 57

    "Kita memperingati momen perayaan ini bukan hanya sekedar seremonial saja, tetapi sebagai evaluasi, koordinasi, dalam memaksimalkan pelayanan lebih lagi kepada masyarakat, segala kekurangan akan dibenahi bersama, lalu tingkatkan penyempurnaan dalam melaksanakan tugas." Jelas Tjahjo Kumolo saat memberikan kata sambutan.

    Mendagri, Tjahjo Kumolo juga menginstruksikan kepada Damkar,Satpol PP, dan Linmas untuk bersama mengsukseskan Pemilu mendatang, dengan ikut menjaga,mengawasi, dan mencegah terjadinya hal-hal yang berpotensi merusak pesta demokrasi.

    "Kita berharap, pemilu serentak yang untuk pertama kali kita lakukan di tahun 2019 ini, hendaknya dapat berjalan aman, damai, kondusif dan tidak ada gesekan diarus bawah,  yang menyebabkan stabilitas keamanan kita terganggu," tukas Tjahjo Kumolo di sela-sela pidato.


    Kemudian rombongan Kemendagri beserta Gubernur, Bupati/Walikota, serta unsur Forkopimda bertolak untuk meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jl.Sudirman, Pekanbaru.

    Selanjutnya sesi pertunjukan atraksi dilangsungkan untuk menambah semarak momen peringatan ulang tahun tersebut, diantaranya terbang layang personil, beladiri dari masing-masing satuan, unjuk ketangkasan dalam aksi memadamkan kebakaran oleh Damkar, dan lainnya.

    Tampak masyarakat juga bersemangat larut dalam menyaksikan berbagai atraksi dan unjuk kebolehan yang dinilai sangat memukau tersebut.


    Sebagai informasi Damkar bertugas untuk memadamkan kebakaran, melakukan penyelamatan, dan menanggulangi bencana, dilain hal Damkar juga bertugas melakukan penyelamatan diluar bencana kebakaran seperti evakuasi, serta Damkar juga terkadang ditugaskan untuk memberi sosialisasi dan pendidikan kepada rakyat sipil tentang kebakaran dan cara menanggapinya.

    Untuk Pekanbaru nomor telepon tanggap darurat pemadam kebakaran dapat dihubungi melalui (62-761-113).


    Satpol PP yaitu aparatur pemerintah daerah yang melaksanakan tugas kepala daerah dalam memelihara dan menyelenggarakan ketentraman dan ketertiban umum, menegakkan peraturan daerah dan keputusan daerah, sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah No. 6 Tahun 2010 Tentang Satuan Polisi Pamong Praja.

    Sementara Satlinmas adalah Organisasi yang dibentuk oleh pemerintah desa/kelurahan dan beranggotakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan, bertugas untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan. (Adv/pemko)


     
    Berita Lainnya :
  • Pemko Pekanbaru Sukses Laksanakan HUT Damkar, Satpol PP dan Linmas
  •  

    Komentar Anda :