Selasa, 16 Juli 2019 Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan - Indeks Berita
 
In Memoriam Dr. H Syahril SPd MM: Hujan Tangis Iringi Kepergian Sang Tokoh

Selasa, 18-06-2019 - 12:38:14 WIB

 
Tak hanya langit yang menangis lewat hujan yang tiada henti, warga kampung Gobah pun turut merasakan kesedihan yang mendalam atas berpulangnya Dr. H. Syahril SPd MM

TERKAIT:
 
  • In Memoriam Dr. H Syahril SPd MM: Hujan Tangis Iringi Kepergian Sang Tokoh
  •  

    PEKANBARU, BERAZAM- Hujan yang terus mengguyur bumi sejak dini hari, Selasa (18/6/2019) seakan menangisi kepergian tokoh pendidikan Riau, DR H Syahril SPd MM yang wafat setelah sempat dibawa ke Rumah Sakit pada pukul 01.30 WIB dini hari.

    Tak hanya langit yang menangis lewat hujan yang tiada henti, warga kampung Gobah pun turut merasakan kesedihan yang mendalam.

    Tak berlebihan kalau kepergiannya yang mendadak membuat warga Kota Pekanbaru, terkhusus masyarakat kampung Gobah berduka, merasa kehilangan tokoh panutan.

    Padahal, Syahril yang sukses mendapatkan jatah kursi di DPRD Kota Pekanbaru Dapil 3 (Sail-Tenayan Raya) dengan raihan suara terbanyak pada Pemilu lalu, sempat menjadi tumpuan harapan warga Kecamatan Sail. Sebab, warga Gobah satu ini diyakini akan mampu membawa perubahan yang lebih baik untuk perkembangan daerah pemilihannya.

    "Saya merasakan kehilangan tokoh yang benar-benar baik. Dalam bermasyarakat beliau sangat baik. Orangnya ramah dan suka membantu," ucap Yuliaspar, Ketua RT 02/RW 02 Kelurahan Cintaraja, Kecamatan Sail.

    Hal senada juga disampaikan Syafril, salah seorang warga. Dia mengaku kaget dan tak menyangka dengan berita duka yang diumumkan di Masjid pagi tadi.

    Menurut pria yang akrab disapa Awang ini, Syahril merupakan figur pemimpin yang sederhana, mudah bergaul, dan memiliki jiwa sosial tinggi.

    "Kita sangat berduka atas kepergian beliau. Hanya doa yang kita panjatkan kehadirat Allah. Semoga almarhum husnul khotimah, dan semua amal perbuatannya di dunia diterima Allah SWT. Aamiin.." ucap Awang lirih dengan mata berkaca.

    Ketua LBH Peradi Riau, Muhammad Taufik SH MH yang juga warga tempatan Gobah mengaku sangat sedih. Dia menyebutkan, almarhum selama hidup sangat bermasyarakat.

    "Beliau sangat dekat dengan masyarakat. Jiwa sosialnya sangat tinggi, selalu mengulurkan bantuan kepada yang membutuhlan. Semoga arwah beliau diterima disisi Allah," kata Taufik sendu.

    Beberapa tokoh di bumi Melayu ini juga tampak hadir melayat ke rumah duka, Jl Datuk Laksamana, Gobah. Bahkan Gubri H Syamsuar dan Wagubri H Edi Natar Nasution juga menyempatkan diri untuk datang bertakziah. Sejumlah Kepala Dinas, Kepala Badan di Pemprov Riau maupun Pemko Pekanbaru juga hadir melayat.

    Perjalanan Politik

    Bagi masyarakat Riau, khususnya kota Pekanbaru, nama Syahril sangat familiar. Selain dikenal sebagai tokoh pendidikan, sosok Syahril juga dikenal sebagai tokoh yang memiliki jiwa sosial tinggi.

    Di kancah politik, nama Syahril belumlah begitu kesohor. Namanya baru disebut-sebut ketika ajang pemilihan Walikota Pekanbaru pada 2017. Bertandem dengan H Said Zohrin, Syahril maju sebagai calon Walikota melalui jalur independen. Meski belum berhasil, setidaknya popularitas Syahril meningkat.

    Kegagalan di Pilwako tak membuat ia patah arang. Justru semangatnya kian menggelora untuk serius terjun di politik. Memilih gabung dengan PKS, Syahril tercatat sebagai Caleg PKS nomor urut 2 Daerah Pemilihan Sail-Tenayan Raya.

    Berbekal pengalaman dari Pilwako, ditunjang kapasitasnya sebagai Ketua PGRI Riau, Syahril sukses mendapatkan suara terbanyak pada Pemilu lalu. Dia pun dinyatakan sebagai Caleg yang lolos menuju Parlemen Kota Pekanbaru.

    Ketua PKS Kota Pekanbaru, H Sofyan Siroj Lc MA saat melayat ke rumah duka mengatakan, Syahril merupakan sosok yang sangat tawaduk, dan memiliki tutur kata lembut.

    "PKS merasakan sangat kehilangan tokoh yang memiliki kualitas. Meski baru bersama PKS, namun kontribusinya buat partai sangat besar. Semoga Allah mengampuni semua salah dan khilafnya, dan menerima semua amal ibadahnya," kata Sofyan singkat.

    Biodata (sumber FB):

    Nama, DR. H. SYAHRIL, S.Pd, MM,
    Jenis Kelamin: Laki-laki, Laki-laki.
    Tempat Lahir: Teluk Kuantan
    Tanggal Lahir: 28 November 1956
    Istri: Yusmaiti D, S.Pd
    Anak: Empat orang anak

    Pengalaman organisasi:

    - Ketua PGRI Riau
    - Mantan Kepala SMK Negeri 4 Pekanbaru
    - Mantan Kepala SMK Negeri 2 Pekanbaru
    - Pemilik SMK Kansai Pekanbaru

    Orang baik namanya akan selalu dikenang.
    Semoga Allah SWT menerima semua amal kebaikan beliau dan menempatkan di JannahNya. Aamiinn.... (*)

    Penulis: Muhammad Yasir



     
    Berita Lainnya :
  • In Memoriam Dr. H Syahril SPd MM: Hujan Tangis Iringi Kepergian Sang Tokoh
  •  

    Komentar Anda :