Senin, 23 09 2019 Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan - Indeks Berita
 
Misteri dan Sengaja Ditutupi?
Ditanya Kasus Edi Suryanto Sudah P21, Humas Kejati Riau: Nanti Saya Cek, Nanti Saya Cek..

Rabu, 12-06-2019 - 01:35:13 WIB

 
Foto ilustrasi: Edi Suryanto dikabarkan ditangkap polisi. Tapi entah kenapa kami dapat informasi dia dilepas lagi. Padahal posisi kasus ini sudah P21, namun anehnya pihak Kejati Riau mengaku belum tahu. "Nanti saya cek," kata Muspidauan

TERKAIT:
 
  • Ditanya Kasus Edi Suryanto Sudah P21, Humas Kejati Riau: Nanti Saya Cek, Nanti Saya Cek..
  •  

    Pekanbaru, Berazam-Kasus dugaan penyerobotan lahan yang melibatkan Edi Suryanto masih menyisakan misteri. Berdasarkan informasi yang dihimpun media ini, kasus ini ternyata sudah lengkap (P21 A). Artinya pihak Kejaksaan Tinggi Riau tinggal menerima penyerahan tahap 2 dari Penyidik Polda Riau.

    Namun ketika dikonfirmasi ke pihak Kejaksaan Tinggi Riau melalui Kasi Pen Kum Muspidauan SH MH mengaku belum mengetahui perkembangan kasus ini. "Nanti saya cek ya," katanya singkat kepada reporter berazam, Senin (10/6).

    Kemudian keesokan harinya dicoba lagi menanyakan. Namun sayang, lagi lagi jawaban yang didapat tidak jauh beda dengan yang pertama. "Iya nanti saya cek, saya lagi di mesjid nih," ujar Muspidauan kepada Alfi Abidin dari berazam, Selasa (11/6).

    Sebelumnya media ini mencoba mencari tahu kepada salah seorang Jaksa. Namun jawaban yang didapat tidak sesuai harapan.

    "Saya tidak mengikuti lagi perkembangan kasus ini sejak liburan Idul Fitri. Lagipula kurang tepat saya memberi konfirmasi karena bukan kapasitas saya. Silahkan ke humas saja ya," ujarnya, Selasa (11/6) pagi.

    Semua jawaban jawaban ini semakin membuat publik bertanya tanya: sudah sampai dimana sebenarnya posisi kasus Edi Suryanto ini.

    Padahal sebagaimana diberitakan, Edi Suryanto dikabarkan ditangkap oleh petugas dari Polda Riau di salah satu hotel berbintang di Jalan Riau Pekanbaru, pada hari Rabu (29/5/2019.

    Edi sempat diperiksa di salah satu ruangan di Subdit Polda Riau

    Penangkapan tersebut terkait dengan dugaan penyerobotan lahan seluas 226 hektar di kelurahan Melebung kecamatan Tenayan Raya milik kerabatnya Meriani.

    Kasus ini merupakan kasus lama antara Edi Suryanto dengan saudara nya Meriani alias Meri. 

    Hal ini terkonfirmasi dari Min Che SH kuasa hukum Meri. "Itu kasus sudah lama, sudah sepuluh tahun lalu dan mereka masih keluarga," kata Min Che kepada berazam melalui sambungan telepon seluler, Jum'at (31/5) malam.

    Namun, Min Che mengaku tidak tahu saat ini Edi Suryanto jadi tersangka dan tengah diperiksa di Polda Riau. "Kalau kasus nya saya tahu, sudah lama. Tapi soal tersangka atau ditahan, saya tidak tahu. Dan rasanya gak mungkin," ujar Min Che.

    Kabid Humas Polda Riau AKBP Sunarto saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya tidak ada menahan dan men- tersangka-kan Edi Suryanto. "Enggak ada," kata Sunarto menjawab pertanyaan berazam melalui aplikasi WhatsApp, Jum'at (31/5).

    Beberapa hari setelah itu, tersiar kabar Edi Suryanto dilepas, diduga kuat ada intervensi dari atas. Namun hingga berita ini tayang tidak diketahui pasti pihak mana yang melakukan intervensi sehingga Edi Suryanto dilepas.

    Berdasarkan penelusuran berazam,Edi Suryanto sudah beberapa kali berurusan dengan hukum.

    Pada tahun 2015 Edi Suryanto dilaporkan ke Polresta Pekanbaru dalam kasus dugaan pemalsuan dokumen Surat Keterangan Ganti Rugi (SKGR) di Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru. Dia ditahan selama 23 hari sejak sebelum Idul Fitri 17 Juli 2015 lalu di sel Polresta Pekanbaru diperpanjang penahanannya 40 hari.

    Edi Suryanto juga pernah terkait dugaan kasus pembakaran alat berat PT GII di Tenayan Raya dengan menyuruh tersangka LW di mana LW telah diamankan dan diperiksa sebelumnya.

    Tahun sebelumnya (2010-2011) Edi Suryanto juga bersengketa lahan dengan Rajain, warga Okura Kecamatan Sail, di mana kebun sawit Rajain ditraktor oleh pekerjanya dan korban melapor ke Polresta Pekanbaru.[tim]



     
    Berita Lainnya :
  • Ditanya Kasus Edi Suryanto Sudah P21, Humas Kejati Riau: Nanti Saya Cek, Nanti Saya Cek..
  •  

    Komentar Anda :